Halaman

Jumat, 28 Maret 2014

Tahu Penyet Sambel Terasi

Assalamualaykum


Jika dulu saya pernah bikin Tempe Penyet Sambel Kecap, sekarang giliran si tahu yang dibully di atas cobek.
Lauk sehari-hari yang sering saya buat untuk menu di rumah. Biasanya kalo bikin tahu penyet/sambel tahu saya pake bumbu mentah semua. Kali ini saya pake bumbu yang digoreng. Ditemani dengan sayur bening bayam duh enaknya...sayur bening yang seger pas dengan tahu penyet ini. Jika nggak ada sayur bening, pake lalap pun juga jadi.

Bahan :
400 gr tahu putih, potong 5x4x1cm
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt garam
air dingin secukupnya (sampai tahu terendam air)

Bahan sambal terasi :
8 bh cabe merah besar, potong-potong
5 bh cabe merah keriting, potong-potong
4 bh cabe rawit merah, potong-potong
3 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt terasi bakar
garam secukupnya

Cara membuat :
  1. Uleg bawang putih, ketumbar dan garam. Beri air dan rendam tahu selama sedikitnya 15 menit (jika ingin lebih meresap bisa direbus selama 15 menit kemudian didinginkan). 
  2. Panaskan minyak goreng sampai panas dan goreng tahu sampai matang. Angkat tiriskan.
  3. Goreng semua cabe, bawang merah dan bawang putih sampai layu. Angkat dan tiriskan.
  4. Uleg di atas cobek batu beserta terasi dan garam. Letakkan tahu diatasnya dan penyet/tekan sampai retak. Sajikan

6 komentar:

  1. Owh... tidaaaaaaakkk....

    Bisa hilaf ni kl lauknya macam gini...

    Bahaya pokoke!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambel terasi ternyata bisa bikin histeris ya, hihi...
      ayo buk kalo pingin buruan dibikin gih....

      Hapus
  2. sambel terasi itu bikin selera dobel ya mbak ,,,, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tul, makan pake sambel terasi itu surga deh...

      Hapus
  3. Salam kenal mba rina
    Mba minta tlg donggg...ajarin aku bikin dimsum
    Makasih mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga.
      Dimsum ? waaaa...belum pernah makan dimsum nih, hahahahaaa...solanya selera saya nih masih ndeso. Yang diposting makanan lokal mulu ya, hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.