Laman

Sabtu, 29 Maret 2014

Bubur Ubi dan Pisang

Assalamualaykum


Beberapa hari yang lalu ada ubi merah di tukang sayur dan saya beli sebungkus. Setelah di dalam rumah tergeletak begitu saja karena belum ada ide mau dibuat apa si ubi tersebut.
Selang 2 kemudian hari saya ke pasar induk ingin beli pisang ambon, lha malah ketemu pisang raja bagus-bagus dan murah. Satu sisir cuma 5 ribu dan ukurannya cukup besar. Langsung saya gotong pulang dan nggak jadi beli pisang ambon (hihi...selingkuh judulnya). Si pisang raja ini nasibnya sama dengan ubi merah, nggak langsung dieksekusi karena ketika ngicip satu belum mateng bener. Setelah 2 hari barulah oke untuk diolah karena sudah cukup empuk, matang dan lebih manis.

Karena beberapa waktu lalu saya bikin bubur nasi dan direspon bagus oleh orang rumah akhirnya sekarang bikin bubur lagi dengan bahan ubi merah dan pisang ini. Dan tadi pagi dibantu anak saya ngupas ubinya. Selagi dia ngupas, saya buka kulkas untuk cari gula merah, lha kok ketemu pisang tanduk 1 biji. Yo wes si pisang tanduk dicemplungin aja ke dalam bubur. Ketika mentah ubi ini berwarna merah, tapi begitu direbus sedikit berubah warna jadi agak orange. Ini ubi jadi-jadian apa ya kok bisa berubah gini, hihi.... Dengan 500 gr ubi dan ditambah pisang hasilnya jadi buaanyakk banget. Sepanci !! Dan seperti biasa sebagian dibawa aja ke tukang sayur yang mangkal dekat rumah supaya bisa dibagi dengan ibu-ibu yang belanja di sana.


Bahan bubur :
750 ml air
2 lbr daun pandan, simpulkan
500 gr ubi merah, dikupas, potong dadu (boleh diganti ubi putih/kuning/ungu)
350 gr campuran pisang raja dan tanduk, potong dadu
125 gr gula jawa/merah, disisir
3 sdm gula pasir
sejumput garam
50 gr tepung tapioka/aci/kanji, larutkan sedikit air

Kuah santan :
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa tua (pilih yang tua biar banyak santan kentalnya)
1/2 sdt garam
1/2 sdm tepung beras, larutkan dalam sedikit air

Cara membuat :
  1. Bubur : rebus air dan daun pandan sampai mendidih. Masukkan potongan ubi dan rebus sampai ubi empuk
  2. Menyusul gula merah, gula pasir, garam dan pisang, rebus sampai pisang matang. Koreksi rasanya.
  3. Masukkan larutan tapioka, sambil diaduk aduk supaya rata dan biarkan meletup-letup. Matikan api.
  4. Kuah santan : campur semua bahan jadi satu dan rebus di atas api sambil diaduk-aduk sampai mendidih/meletup-meletup. Sajikan bubur ubi dengan diguyur kuah santan.


4 komentar:

  1. Hmmm... pasti yum yum...

    Kl d sini, bubur boled (ubi) sring bnyak yg dagang kl bln rmdhan mba... tanpa pisang tentunya...

    Kl aku c mending bikin sendiri... si eneng paling suka...

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah sih denger bubur boled ternyata bubur ubi to ? Kalo ramadhan aku malah nggak pernah bikin takjil karena udah kenyang duluan, dan biasanya nggak habis hihi....

      Hapus
  2. aku milih kolak ubi tanpa pisang mbak...
    entah knp dr jaman orok kagak suka kolak ada pisangnya...
    kalau emak nekat masukin pisang ke kolak... itu sep menabuh genderang perang...ahhaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa....masak sampe perang. Lha ini kan aneh kolak pisang kok nggak doyan. Jaman aku balita kalo namanya kolak pisang ya langsung sikat aja.....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.