Halaman

Sabtu, 01 Maret 2014

Setup Apel dan Pisang

Assalamualaykum


Masih pake apel lagi dan sekarang apelnya dibikin setup. Suka deh dengan yang namanya setup.
Rasanya yang ringan dan segar itu lho yang bikin saya ketagihan. Resepnya sama dengan Setup Pisang yang saya buat dulu. Apel yang direbus dalam sirup gula sengaja tidak terlalu empuk supaya tekstur apelnya tetap berasa. Masih renyah gitu. Dinikmati hangat atau dingin sama enaknya. Ketika dijepret kok pisangnya nggak keliatan ya. Pada ngumpet nih si pisang alias tenggelam....

Setup Apel dan Pisang
Sumber : Setup Pisang

Bahan :
4 buah apel malang, potong dadu
2 buah pisang tanduk/uli/kepok/raja, potong serong/bulat
750 ml air
75 gr gula merah
25 gr gula pasir
sejumput garam
1 lembar daun pandan, simpulkan
3 cm kayu manis
3 butir cengkih

Cara membuat :
  1. Rebus air, gula merah dan gula pasir sampai mendidih dan gula jadi larut. Saring.
  2. Rebus kembali, masukkan garam, daun pandan, kayu manis dan cengkeh, masak sampai mendidih dan cicip rasanya. Jika kurang manis tambah gulanya.
  3. Masukkan apel dan pisang dan rebus sampai pisang matang. Angkat dan sajikan hangat atau dingin.

2 komentar:

  1. wahhhh...aku belum bisa bayangin rasanya mbak...
    belum pernah nyoba...
    itu pisangnya perlu pelampung nggak mbak.?... supaya bs ngambang....ahahaaa..... :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaa....perlu pelampung kayaknya biar bisa ngambang.
      pisang yang tempo hari belum diapa-apian, bikin setup aja. Seger banget apalagi kalo cuaca lagi panas...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.