Laman

Jumat, 28 Februari 2014

Rustic Apple Pie

Assalamualaykum


Ini adalah pertama kalinya saya bikin pai apel. Entah kenapa sejak dari dulu saya nggak tertarik untuk bikin.
Sebab pertama mungkin karena saya nggak punya cetakan khusus pie. Kedua, saya jarang beli apel. Seandainya belipun selalu habis dimakan begitu saja. Tanpa sengaja tukang sayur langganan bawa apel Malang hampir 2kg dan pasang harga Rp. 10.000,- !! Ya cuma 10 ribu rupiah saja. Murah banget. Apel malang ini rasanya manis-manis asem, jadi pas kalo dibuat pai. Dan karena kemecer lihat resep rustic apple pie di internet saya jadi kepingin. Ternyata bikin pie nggak harus pake cetakan. Cukup dibentuk menggunakan tangan dan selanjutnya diletakkan di atas loyang kue kering. Setelah dipanggang, voilaaa....jadilah pai apel yang harum ketika keluar dari oven.


Resep kulit yang dipake saya contek dari Tabloid Saji. Sedang isinya asal campur aja tanpa dimasak lebih dulu. Dan hasilnya, apel yang masih renyah ketika digigit tapi tidak sekeras ketika masih segar. Tekstur apel masih berasa. Penambahan bubuk kayumanis dan gula palem memberi aroma rempah yang eksotis buat saya (cieeeee). Pas gitu. Suka deh dengan pai apel ini. Tapi karena baru pertama, hasilnya belum rapi masih mleyat-mleyot di sana sini. Untuk keseluruhan saya suka dengan teksturnya. Kulitnya renyah dan kriuk ketika masih hangat. Setelah dingin kulit di bawah agak lembab (empuk maksudnya) karena terkena cairan apelnya. Cuma karena apelnya nggak dikasih perekat, ketika dipotong jadi buyar bin ambyar. Tapi malah asik buat motret, keliatan agak berantakan dan saya suka. Lain kali bikin lagi ah. Enak lho...


Bahan kulit :
200 gr terigu serbaguna
25 gr gula pasir
sejumput garam
1 butir kuning telur
100 gr margarin
1-2 sdm air es

Bahan isi :
400 gr apel Malang, kupas dan potong dadu
3 sdm gula palem
1 sdm gula pasir
1/2 sdt kayumanis bubuk
2 sdm margarin beku, dipotong-potong

Cara membuat :
  1. Dalam wadah besar campur jadi satu terigu, gula pasir, garam, kuning telur dan margarin. Aduk menggunakan garpu sampai berbutir-butir seperti pasir. Masukkan air es, aduk lagi sampai rata. Dengan menggunakan tangan, gumpalkan adonan menjadi bentuk bulatan. Bungkus dengan plastik wrap/plastik bening, simpan dalam kulkas +- 15 menit.
  2. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Siapkan loyang kue kering, olesi margarin, sisihkan.
  3. Dalam wadah yang lain campur apel, gula palem, gula pasir dan kayumanis bubuk, aduk rata.
  4. Siapkan meja kerja bertabur terigu. Ambil 1/2 bagian adonan dan tipiskan berbentuk lingkaran diameter +-20cm. Sendokkan 1/2 bagian apel ke tengah adonan. Lipat pinggiran kulitnya ke arah tengah. Beri potongan margarin beku di atas apel secara acak. Angkat dengan hati-hati (jika perlu gunakan spatula lebar) dan letakkan di atas loyang. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan berikutnya.
  5. Panggang dalam oven selama 20-25 menit sampai kulitnya kelihatan kering. Angkat dan dinginkan.
Note : ketika mencampur apel dan gula biasanya apel akan berair. Air apel ini jangan diikutsertakan ke dalam kulit pai karena beresiko bocor dan bisa menyebabkan gosong.


2 komentar:

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.