Laman

Sabtu, 01 Februari 2014

Sate Jamur Bumbu Kacang


Assalamualaykum

Ini termasuk postingan yang jadi korban internet lemot. Harusnya sudah diupdate hari Kamis kemarin, tapi apa daya tidak bisa masukin foto ke dalam blogger, huhuhu....
Mau blog walking pun juga luamaaaaaa banget loadingnya (jika BW pake hape bisa tapi tidak bisa ninggal komen. Selama ini saya mengandalkan aplikasi Opera Mini jika pake hape. Dulu saya sering ninggal komen di blog teman pake hape, tapi kenapa sekarang nggak bisa ? Apakah teman-teman juga sama ? Jika iya berarti nggak cuma saya saja yang ngalami. Tapi jika ada yang bisa berkomentar via Opera Mini, please kasih tau caranya ya). Benar-benar menguji kesabaran nih internet, padahal draftnya sudah diketik sampai selesai, tinggal upload foto. Terpaksa deh upload via Mobile Blogger. Tapi ya itu, ribet ngetiknya karena halaman tidak bisa tampak semua.

Sudah lama saya pingin bikin sate jamur ini karena liat di tabloid Saji. Selama ini kalo ketemu jamur tiram selalu dimasak tumis saja. Karena bosen akhirnya dibuat sate. Kemarin saya dibantuin anak saya yang SMP. Kebetulan masuk siang jadi kalo pagi kadang bantuin ibunya masak. Resep aslinya sate ini langsung dimakan begitu saja setelah dibakar. Tapi saya modif sedikit dengan menambahkan bumbu kacang supaya lazis....Hasilnya, Alhamdulillaah enak lho, nggak kalah sama sate ayam, karena tekstur jamur tiram ini mirip dengan daging ayam hanya minus aromanya saja.

Bahan :
  • 250 gr jamur tiram, suwir-suwir agak lebar
  • 2-3 sdm kecap manis
  • 2 siung bawang putih halus (saya parut pake parutan keju biar cepat)
  • garam halus secukupnya
  • 1 sdm minyak sayur (bisa diganti mentega/margarin leleh)
  • tusuk sate yang telah direndam air minimal 1 jam supaya tidak mudah terbakar

Bumbu kacang :
  • 200 gr kacang tanah goreng/sangrai/panggang, haluskan
  • 5 siung bawang putih, goreng utuh
  • 5 buah cabe merah besar, potong-potong, goreng
  • 5 buah cabe keriting, potong-potong, goreng
  • 1/2 sdt garam
  • 50 gr gula merah
  • 300 ml air
Pelengkap :
mentimun
bawang merah mentah, iris tipis
cabe rawit, diiris-tipis (saya nggak pake padahal kemecer banget)
kecap manis

Cara membuat :

  1. Bumbu kacang : haluskan bawang putih goreng, cabe goreng dan garam. Tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Masukkan air, menyusul kacang halus. Bumbui dengan garam dan gula pasir. Biarkan mendidih dan cek rasanya. Masak sampai bumbu mengental  dan keluar minyaknya. Tingkat kekentalan sesuai selera ya. Angkat dan dinginkan.
  2. Sate jamur : kukus jamur tiram asal layu (+- 5 menit). Tusuki menggunakan tusuk sate. 
  3. Campur bawang putih, kecap dan garam, lumurkan ke atas tusukan jamur. Bakar di atas api sambil dibolak balik dan sesekali diolesi bumbu. Angkat dan sajikan bersama bumbu kacang dan pelengkap.
 

9 komentar:

  1. Suka banget Mba Rina..aku sama sate jamur ini..kalau ke Yogya...tak pernah melewatkan ke warung jejamuran..di sana enak banget sate jamurnya..aku pernah bikin sdr juga Mba..pakai resep yang asli dari Warung Jejamuran..habis di tusuki ke tusuk sate...terus di celup ke bumbu kacangnya Mba Rina..jadi satenya bisa bener2 kayak sate ayam rasanya..dan nggak kering ketika di bakar..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb Diah kemarin yang sebagian di coba dicelupin ke bumbu kacang. Ternyata lebih enak rasanya.
      pernah baca entah di majalah atau internet tentang warung jamur ini tapi belum pernah nyoba. Kalo mudik deh insya Allah mau cobain...

      Hapus
  2. Belum pernah sm skali nyobain sate jamur..enk kali yaa ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hohoho...enak dong cuma lama nusukinnya, hihi....perasaan nggak sepadan sama yang makan ^_^

      Hapus
  3. bakalan di coba mbak...pasti enak nih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain deh, enak kok soalnya nggak berat di dompet, hahahaaa....*makansambilmikirduit*

      Hapus
  4. hmmmm PENGEN SATE JAMUR

    BalasHapus
  5. mbak satenya enak banget, suka deh. Aku tulis lagi di blogku aku kasih back link ke blognya mbak. Gpp kan yaa? (maksa mode on ) hihihi. Tengkyu dah, ditunggu resep selanjutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak papa kalo sudah ditulis link-nya. Met enjoy dengan satenya ya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.