Tahu Sambel Tauco

Assalamualaykum


Tahu lagi tahu lagi....Bosen kali ya dengan entri saya yang sering update tahu.
Lha saya kan penggemar tahu, jadi maunya ya sering-sering masak pake tahu (bela diri yang nggak penting). Ini gara-gara liat tabloid kuliner yang memuat resep ayam sambel tauco. Berhubung di kulkas nggak ada ayam dan adanya tahu ya sudah, sikat aja tahunya. Setelah matang ternyata enak tuh, hihi...tahu dan tauco ternyata klop juga. Ya iyalah wong sama-sama dari kedelai. Dan lauk ini lebih sering dicemil daripada buat teman makan nasi....Yuk ceki-ceki resepnya.

Bahan :
400 gr tahu putih
2 sdm tauco
1 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
garam dan gula pasir secukupnya

Bumbu tumbuk kasar/halus :
5 bh cabe merah besar, buang bijinya
3 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt terasi bakar

Cara membuat :
1. Potong tahu berbentuk dadu. Goreng setengah matang, angkat dan tiriskan.
2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk, daun salam dan serai. Masukkan tauco. Tumis menggunakan api kecil sampai bumbu matang dan agak kering. Jika sudah kering, biasanya bumbu akan sedikit memisah dari minyak. Beri garam dan gula pasir, cek rasanya.
3. Masukkan tahu goreng, aduk sampai rata. Jika dirasa terlalu kering boleh ditambah air 50-75 ml dan masak sampai meresap. Angkat, sajikan bersama nasi hangat.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

10 komentar

Kalo tahu.. d keluargaku cuma suka yg jenis tahu putih gitu mba... kallo tahu kulit mah kurang laku... hdhehe.... emg paling gampang deh.... tahu...tempe...telor... kalo kepepet ya ngubek2 di bahan itu ajah deh....
*emak males nih sayah... hahahaha...

yoi mb Lina. Mbak lina kan kerja pasti cari resep praktis dong. Lha kalo aku yang nganggur di rumah, masak ginian berarti lebih males lagi dong, hahahaaa....

saya suka tahuuuuu,bangettt hahaha,,tp penasaran sm tauco,lihat di jual di kaleng tapi blm pernah beli cuma lihat aja,,gimana mbk raanya??enak g??

kalo di CIledug sini adanya tauco merk Dapur Cobek. Itu yang sering dibawa tukang sayur tiap hari. Kemasan sachet harganya cuma Rp.500. Sori nih aku bukan salesnya ya, tapi enak kok tauconya. Kalo numis kangkung pake tauco itu juga dan nggak perlu MSG udah enak, gurih gitu. Kalo tauco merk lain aku belum pernah nyoba.

Aduh langsung lapeeeer nih mba,,,, catet resep nih mba, besok cari tauco dan tahunya dulu...... :)

Ikut nimbrung... iya mba bener banget... dicampur ke tumisan kangkung bikin makin maknyuuus kangkungnya (btw saya juga baru2 aja nyoba masak pakai tauco dan ternyata enaakkk)

waaa....ada testimoni tentang kangkung dan tauco. Makasih ya mbak tuk testimoninya......

kalo ada bahannya segera eksekusi ajaaaa.....

weee....merah menyala....
baru tau sambal di kasi tauco mb.... :)

ayo dicobain, dimakan pake nasi anget enak lho...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon