Laman

Jumat, 20 September 2013

Salad Segar Saus Mayonaise

Assalamualaykum


Apa kabar ? Beberapa hari tidak update resep rasanya kangen deh. Maaf ya jika terlalu lama menunggu entri baru dari DapurManis.
Setelah posting Nasi Goreng Mawut badan saya memang tidak begitu fit. Hari ini Alhamdulillah sudah lebih baik dan bisa utak atik di dapur lagi.

Perasaan beberapa waktu belakangan ini, saya masak yang agak berat buat perut dan lidah. Maksudnya gampang bikin kenyang gitu. Sehingga mulai merasakan jenuh, dan ingin rasanya menikmati sesuatu yang ringan dan tidak terlalu mengenyangkan. Salad segar dengan saus mayonaise adalah solusi saya jika mulai jenuh dengan masakan sehari-hari. Bahannya mudah dan proses pembuatannya gampang. Salad ini sudah bertahun-tahun saya nikmati dan -ternyata- belum saya sharing di blog. Terdiri dari kentang, wortel, buncis, jagung manis, ketimun dan tomat. Diberi daun selada juga ok. Kemudian disiram saus mayo yang dicampur dengan susu kental manis dan saus tomat/sambal. Salad ini lebih enak jika disajikan dalam keadaan dingin, keluar dari kulkas. Jika ditambah telur rebus atau sosis juga boleh, insya Allah lebih enak.

Sayur yang digunakan bisa dimatangkan dengan direbus atau dikukus. Untuk praktisnya saya menggunakan kukusan dan merebus jagung manis di bawah saringan, sementara kentang, wortel dan buncic ditata di atasnya kemudian dikukus sampai matang.Setelah direbus/dikukus sayur seperti wortel dan buncis segera direndam air dingin/air es supaya warnanya tetap cantik. Jika tidak direndam air dingin proses pematangan akan terus berjalan yang mengakibatkan tampilannya berubah menjadi agak gelap. Tidak mengundang selera kan jika warnanya kurang segar gitu. Ok deh disimak resepnya ya.


Bahan :
2 bh kentang, kupas dan potong dadu
2 bh wortel, potong dadu
10 batang buncis, siangi, potong 1/2 cm
1 bh ketimun/mentimun, belah 4, potong tipis-tipis
1 bh tomat merah, buang biji, potong dadu
1 tongkol jagung manis
daun selada, dirobek
telur rebus dan sosis, dipotong-potong (jika suka)

Saus :
100 ml mayonaise
2-3 sdm susu kental manis
2 sdm saus tomat/saus sambal

Cara membuat :
1. Siapkan kukusan beri air secukupnya. Masukkan jagung manis ke dalamnya. Pasang saringan dan tata kentang, wortel dan buncis diatasnya. Rebus/kukus sampai semuanya matang termasuk jagung manis.
2. Setelah matang rendam wortel dan buncis dalam air dingin/air es, angkat, tiriskan. Angkat juga jagung rebusnya kemudian dipipil/disisir. Dinginkan semua bahan. Lebih baik lagi jika masuk kulkas.
3. Saus : campur mayonaise, susu kental manis dan saus tomat/sambal, aduk rata. Cicipi rasanya.
4. Penyajian : campur kentang, wortel, buncis, jagung manis, ketimun, daun selada dan tomat, tuangi saus, aduk sampai rata. Masukkan juga telur rebus dan sosis jika suka. Sajikan.



8 komentar:

  1. fotone saiki apik tenan iiykkk... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cuma kebetulan aja mb Dwi. Kadang ok kadang juga nggak karuan, hehe...

      Hapus
  2. aku kalau bikin salad pake kentang, ayam rebus dan telur mb...
    tp udh lama ng bikin... takut diet bubar jalan....ahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku dibanyakin sayurnya biar nggak berat gitu. Kalo isinya kentang, ayam sama telur, bener dong kalo dietnya bubar, hihi...

      Hapus
  3. eh... baru baca kalau mb rina lg ng enak badan....
    hayooo...kangen aku yo... #Kalem
    syafakillah mbak.... semoga allah beri kesembuhan.... #PelukHarmonisasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...ketauan nggak pernah baca dengan teliti nih. Pasti terpesona dengan fotoku ya, hahaha.... Waktu imel tempo hari aku pernah bilang punggungnku kayak mau patah. Ya itulah penyebabnya, hehe...
      makasih ya buat doanya *peyuk harmonisasi juga* muah muah....

      Hapus
  4. belum pernah kalo salad yang direbus gini Mbak....biasanya serba mentah semua....biar anak2 doya, saya iris tipis2 atau kecil2...wortelnya saya parut pake parutan keju :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah anak-anak doyan ya. hebat dong kalo pada doyan sayur mentah. Anakku belum doyan sayur mentah nih...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.