Halaman

Selasa, 24 September 2013

Bola Ubi Keju

Assalamualaykum


Ketika kemarin pulang dari jemput sekolah saya mampir beli gorengan di dekat rumah. Di antara beberapa gorengan itu terdapat bola ubi yang belum pernah saya cicipi.
Kalo beli gorengan biasanya cireng, tahu isi, bakwan dan risol atau ditambah pisang goreng. Sesampainya di rumah saya makan 1 biji. Enak deh. Manis gitu ubinya.

Akhirnya tadi pagi ketika belanja saya beli 1 bungkus ubi jalar untuk bikin bola ubi dan mau diberi keju. Setelah ubinya dikukus langsung saya haluskan dan dicampur bahan lain seperti margarin, susu kental manis dan keju parut. Ketika mencoba digoreng ternyata pecah ! Langsung cari tepung tapioka di dapur dan ternyata habis. Segera saja minta tolong anak saya untuk beli tapioka ke warung. Alhamdulillah bola ubinya terselamatkan. Bisa digoreng dengan bentuk bulat cantik. Rasanya, wuenak ! Bola ubi di tukang gorengan kalah dong wong ini pake keju gitu. Selagi hangat kulitnya agak krispi dan dalamnya lembut. Aroma dan rasa keju yang gurih juga cukup terasa. Kulit krispi didapatkan dari tapiokanya ya. Gimana mau coba nggak. Lumayan lho buat cemilan di sore hari sambil ngeteh atau ngopi.

Bahan :
500 gr ubi jalar yang telah dikupas
2 sdm margarin
3 sdm susu kental manis putih
75 gr keju cheddar parut
2 sdm munjung tepung tapioka/kanji/aci

Cara membuat :
1. Kukus ubi sampai matang. Selagi panas haluskan (saya haluskan pake ulegan yang sudah dibungkus plastik tebal).
2. Campur dengan margarin, susu kental manis dan keju, aduk rata. Masukkan tepung tapioka dan aduk lagi sampai rata. Jika dirasa terlalu kering tambahkan 1-2 sdm air dingin supaya mudah dibentuk.
3. Ambil adonan ubi sebanyak 1/2-1 sdm, bentuk bulat bulat sambil dipadatkan. Lakukan sampai adonan habis.
4. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak dan goreng ubi sampai berwarna kuning kecoklatan. Jangan sering diaduk ya supaya tidak hancur. Jika bagian bawah sudah kuning kecoklatan, balik dan lanjutkan menggoreng sampai warnanya merata. Angkat, tiriskan dan sajikan.


Published with Blogger-droid v2.0.10

8 komentar:

  1. ubi jalar ni ubi apa ya rina? guna ubi kentang bole nggakk?
    rina buat tu comel-comel bulat-bulat gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ubi jalar tuh Sweet Potato ummi, hehe...iya itu dibuat kecil-kecil, sekali hap langsung lenyap...

      Hapus
  2. waaa... Lama gak makanin bola2 nih... Jadi kepimgin deh... Apalagi yg spesial ky buatan mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dibuat aja bu gulu, biar anak-anak ada cemilan...^_^

      Hapus
  3. haduuh....itu bola2 ubi menggoda bangeet minta diangkut...hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...ayo um dicomot aja...enak nih kalo pake keju. ada manis-manis gurihnya...

      Hapus
    2. mauuuuuu.......... paling sk deh ubi jalar.
      kalau di tempatku namanya kledek mbak... :)

      Hapus
    3. kledek ya namanya ? Bukan geledek to, hahaaaa...
      enak banget ni ubi dikasi keju. Kok ya cucok makanan tradisional diberi keju gini.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.