Laman

Rabu, 12 Juni 2013

Nugget Tempe Sayur

Assalamualaykum


Beberapa waktu yang lalu saya pernah berpikir untuk membuat snack yang gurih. Setelah browsing internet saya tertarik untuk bikin nugget tempe ini.
Bahannya yang mudah dan sederhana yang jadi prioritas utama. Awalnya pingin bikin risoles tapi kok khawatir badan belum kuat bikin kulitnya yang makan waktu lama. Akhirnya terpikir bikin nugget tempe aja karena belum pernah mencoba. Kalo nugget tahu malah udah beberapa kali cuma nggak difoto karena males. Resep dasarnya saya ambil dari Sajian Sedap dan diolah sesuai keinginan saya. Untuk pelapisnya saya menggunakan larutan terigu karena saya menghindari minyak yang berbuih ketika digoreng. selain itu juga supaya nugget tidak banyak menyerap minyak. Hasilnya nugget tempe yang yummy karena pake daging dan juga keju. Nggak usah banyak ngomong langsung ceki-ceki resepnya aja ya (lagi males ngetik).

Bahan :
200 gr tempe
150 gr daging ayam/sapi giling
1 bh wortel, serut kasar
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdm tepung panir
2 sdm keju parut
1 butir telur
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
2 sdm tepung terigu
75-100 ml air
Tepung panir secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat :
1. Kukus tempe selama 20 menit, angkat dan haluskan
2. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
3. Campur tempe halus, daging ayam, wortel serut, daun bawang, tepung panir, keju parut, telur dan juga bumbu halus. Beri garam dan merica bubuk, aduk rata. Cek rasanya.
4. Siapkan loyang persegi ukuran 18x18 cm alasi alumunium foil dan olesi minyak goreng. Panaskan kukusan sampai mendidih.
5. Tuang adonan tempe ke dalam loyang dan ratakan.
6. Kukus selama 30 menit sampai padat. Angkat dari kukusan dan dinginkan.
7. Dalam sebuah mangkuk campur terigu dan air, aduk sampai menjadi adonan yang licin.
8. Potong nugget tempe, celupkan dalam adonan terigu dan gulingkan ke dalam tepung panir. Diamkan sedikitnya selama 15 menit supaya tepung panir benar-benar melekat
9. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak. Goreng nugget tempe sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


21 komentar:

  1. Saya udah dua kali bikin nugget tempe sayuran. Enaaakk.. :D tapi sayangnya emak & bapak gak begitu suka. Alhasil karena dimakan sendiri saya jadi bosan padahal jumlahnya gak banyak dan saya olah jd steak nugget tempe. Enak jugaaa :D
    nah kalo yg ini emak saya doyan. Orang tua milih2 juga ya.. Haha.. :D
    kapan2 saya bikin yg pake keju kayak mbak rina deh. Oya tips masak mienya udah saya praktikkan loo ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. niat kita masak kan buat dimakan buat orang serumah ya. Kalo nggak ada yang doyan ya terpaksa si pembuat yang ngabisin, hahaha....kasus kayak gitu udah sering aku alami juga lho.
      syukur deh kalo udah praktek bikin mi sesuai tips yang kemarin. Semoga nggak mengecewakan ya....

      Hapus
  2. Aku belum pernah coba bikin nugget tempe Mba..soalnya dulu pernah bikin perkedel tempe..eh cuma aku yang doyan..hihi..kalau tahu..suka semua..tapi jika pakai daging mungkin lebih gurih kali ya..kpn2 tak cobanya..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. daging dan keju ini berperan banget untuk mendongkrak rasanya mb diah. Kalo nggak dikasih daging dan keju rasanya ya gitu deh. Aku pernah bikin pepes tempe, alhasil nggak ada yang makan, hiks...

      Hapus
  3. wahh rin rajin baget nie..:)..zila x pernah mkn nuggt tempe..biasanya tempe goreng jew.nampak sedapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah zila, passion untuk ngeblog sedang tinggi ni. Kalo disuruh pilih, aku juga lebih suka tempe goreng aja. Dimakan hangat lebih sedap...

      Hapus
  4. wah... mantap nih mba.. ternyata tempe bisa diolah menjadi nugget yah... :D makasih mba rina resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, nggak cuma daging ayam yang bisa dibuat nugget, tempe tahupun bisa juga....

      Hapus
  5. Waaa,,,sepertinya enak yaa,,,,mau nyontek ahh pas weekend nanti...( ^-* )

    BalasHapus
  6. belum pernah bikin ....
    aku catet dulu mbak rina...tararatengkiu.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip mb mimie. Met nyobain ya...

      Hapus
  7. aiiihhhhh enaknya... bolehlah mba di kirim2 kesini ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuiii...bu dokter baru keliatan. Kemana aja ni ? Blogging blue ya ?

      Hapus
  8. Mbak RIna, boleh saya nanya. Klo saya bikin nugget tahu, pas digoreng, bagian luarnya sudah kering dan berwarna kuning jadi saya angkat, ternyata pas dimakan, bagian dalemnya masih lembek spt blm matang. knp ya Mbak? boleh mnt tipsnya. Terimakasih. Salam - Canna Edulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ngukusnya belum mateng atau terlalu tebal. Jika tebal tambahi waktu ngukusnya ya....

      Hapus
  9. Oke mbak. tengkyu ilmunya...

    BalasHapus
  10. Mba kira-kira kalo wortelnya diganti kentang bisa tidak ya ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. errr...belum pernah bikin sih tempe dipadu kentang. Tapi bisa dicoba tuh idenya...

      Hapus
  11. Halo mbak..
    Saya kemarin buar nugget tempe.. tp bkn pake resep mbak sih.. resepny tempe ( tanpa kukus ) dihancurkan, campur telur,tepung, bawang,garam,merica... abis t baru dkukus n goreng... pertanyaan saya knp nugget saya asem ya? Pdhl tempeny baru.. semua bahan fresh.. mohon dijawab mbak. Thx

    BalasHapus
  12. Halo mbak..
    Saya kemarin buar nugget tempe.. tp bkn pake resep mbak sih.. resepny tempe ( tanpa kukus ) dihancurkan, campur telur,tepung, bawang,garam,merica... abis t baru dkukus n goreng... pertanyaan saya knp nugget saya asem ya? Pdhl tempeny baru.. semua bahan fresh.. mohon dijawab mbak. Thx

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.