Halaman

Kamis, 25 April 2013

Sate Ubi

Assalamualaykum


Masih dalam cuaca hujan dan dingin, kali ini bikin gorengan aja. Gampang dibikin gitu. Ide sate ubinya didapat dari tabloid Saji.
Ubi jalar putih dipotong dadu, celupin ke dalam adonan tepung dan digoreng. Setelah dingin ditusuki dan diguyur susu kental manis coklat dan ditaburi keju parut. Resepnya mirip dengan Ubi Goreng Tepung, hanya tidak pake tapioka dan adonannya diberi telur supaya empuk setelah dingin. Biarpun sederhana, duh rasanya endang bambang gulindang. Alhamdulillah nyam nyam.......

Oh ya beberapa waktu yang lalu mbak Mimie Jasmin Kitchen memberitahu saya jika foto saya dicolong orang (makasih ya, big hug sampe gepeng). Resepnyapun dicopas juga yaitu foto Bolu Sarang Semut. Setelah saya cek, ternyata benar itu foto saya. Watermarknya dicrop/dipotong sehingga tidak keliatan. Tapi bagaimanapun saya tetap tahu jika itu foto milik saya karena saya yang membuatnya. Alamat web yang nyolong ada DISINI. Sempat heran, jika dipikir kualitas foto saya masih jauh dari bagus, kok ya masih ada yang doyan nyolong. Nggak pake ijin lagi (ya iyalah, mana ada mau nyolong kok minta ijin ). Tidak berbeda dengan blogger lain yang fotonya dicolong juga, rasanya sangat dongkol karena webnya dipasangi iklan. Bisa dapat duit tapi artikelnya nyolong punya orang. Enak benerrrr.... huuufffttt.....(tarik napas panjang biar nggak berkepanjangan dongkolnya).

Bahan :
4 bh ubi jalar putih
125 gr tepung terigu
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1 butir telur
200-250 ml air
Tusuk sate secukupnya
Susu Kental Manis Coklat/Putih
Keju cheddar parut

Cara membuat :
1. Kupas ubi, cuci bersih kemudian potong dadu dan cuci kembali. Sisihkan.
2. Dalam sebuah wadah campur jadi satu, terigu, gula, garam dan telur. Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonannya licin dan halus.
3. Celupkan ubi ke dalam adonan tepung dan goreng satu persatu dalam minyak yang banyak. Goreng sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan.
4. Tusuk ubi goreng dengan tusuk sate. Beri 4-5 potong ubi di setiap tusuknya. Tata di piring, guyur dengan susu kental manis dan parutkan keju diatasnya. Sajikan.

11 komentar:

  1. salam rin,
    aduhh sapa pulak yg suka nyolong2 nie..penat2 kita masak dan ambil pic....mudah2 diorg copy n remove wtrmrk lg kan..sakit hati btl kan..
    sate ubinye nampak sedap tue..tinggalkan zila sikit tau..he hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya zila, bikin kesal hati aja nih . udah capek dan penat sampai berpeluh peluh yang ambil foto, dicolong orang tanpa ijin.
      Waaa...ternyata ibu hamil pingin juga ya. Boleh ambil kok zila, hehe...

      Hapus
  2. yo wes mbak, diikhlaskan saja, itu berarti foto mba itu bagus, masa si pelaku ngambil or nyolong yg jelek... ambil hikmahnya aja mba... sabar yaaa.... (sambil nggayemin sate ubi... nyammmm...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pinginnya sih ikhlas mb Lina, doain aja semoga aku bisa iklas dan sabar. Aamiinnn...
      enak ya nggayemi sate ubi, hehe...

      Hapus
  3. komenku di postingan sebelumnya koq ga muncul ya mba... hiks hiks... pernah ngalamin juga mba, baru 2 kali sih... untung yang di colong picku yg jelek... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ya ? Kenapa ya ? *malah tanya*. Lagi eror kali blogku ini.
      Biar foto jelek atau bagus, tapi kalo dicolong trus diposting seakan akan itu karyanya ya tetep aja bikin kesal mb analisa. Dipake cari duit lagi, huhu....

      Hapus
  4. yang nyolong kutuk aja jadi kera sakti mbak...hihih
    wahhh.....ubi gorengnya terlihat mempesona... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi....kalo jadi kera sakti apa malah nggak berabe mb mimie ?
      itu yang motret sambil bad mood lho, selain karena kasus diatas, cuaca juga gerimis. Agak gimana gitu ambil fotonya...

      Hapus
  5. ubi gorengnya jadi special nih...ditabur susu dan keju....:)

    wahh...sekarang semakin marak pencurian foto dan karya cipta....padahal kita susah payah mbikin masakan, memfoto, mensortir foto, edit dan ngasih wattermark, seenaknya saja tiba2 foto2 kita dicuri....:(
    sabar ya Mbak Rina, semoga mendapat ganti yg lebih baik ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya um biar agak beda. Alhamdulillah lebih enak dan cepet ludes.
      Aamiin, makasih tuk doanya. Sebelum punya blog, sudah banyak blogger yang karyanya dicuri orang. Setelah punya blog sendiri dan potonya dicolong, ternyata rasanya seperti ini, hhaaaaaahhh.......sabaaaaaarrr.....

      Hapus
  6. thanks resepnya..enak resep ubi ini sudah saya coba..

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.