Laman

Kamis, 20 Desember 2012

NASI MUTIARA KUNING

Assalamualaykum




Nasi ini saya bikin karena ingin memberdayakan kaldu ayam sisa merebus ayam. Biasanya saya bikin untuk membuat sayur nangka.
Tapi karena bosen ya saya pake untuk masak nasi. Sebagai pelengkapnya saya bikin juga sambel kemiri. Sambel ini adalah resep dari ibu kost ketika tinggal di Bawen dulu.Sebelum tau sambel kemiri, biasanya saya bikin sambel tomat atau terasi. Gimana rasanya ? Yuk bikin yuk...

Bahan Sambel Kemiri :
10 bh cabe merah besar
5 bh cabe rawit merah (sesuai selera ya)
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt terasi
5 butir kemiri
2 sdt gula merah
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Goreng semua bahan kecuali gula dan garam sampai matang, tapi jangan terlalu kering ya.
2. haluskan/uleg semua bahan sampai halus. Tambahkan gula merah dan garam. Uleg lagi sampi rata. Cek rasanya. Sambel kemiri siap dinikmati.

Bahan :
1 ekor ayam, potong 12 bagian
500 gr beras, cuci bersih
600 ml air kaldu sisa rebusan ayam
2 lbr daun pandan
5 lembar daun salam
5 lbr daun jeruk
2 batang serai, memarkan

Bumbu halus :
20 butir bawang merah
10 siung bawang putih
10 cm kunyit
10 cm lengkuas
10 butir kemiri
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Didihkan 400 ml air, bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan serai. Setelah mendidih masukkan potongan ayam. Rebus sampai empuk dan air menyusut. Tiriskan ayam. Ukur kaldu sebanyak 600 ml.
2. Campur air kaldu ayam, daun pandan dan beras, cek rasanya. Jika kurang gurih bisa ditambah garam. Masak sampai menjadi nasi aron.
3. Kukus dalam dandang selama 30 menit sampai matang.
4. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak, goreng ayam sampai matang.
5. Sajikan nasi bersama ayam goreng, sambel kemiri, lalap dan kerupuk.

Note : Jika menggunakan rice cooker/magic com masukkan air kaldu dan beras ke dalam baskom rice cooker. Tekan tombol "cook" dan biarkan sampai nasi matang.




2 komentar:

  1. Hallo mba Rina,,, mba Ciuusss deh. Saya sudah praktek resep ini beberapa waktu yang lalu... Enaaak bangett ya mba, Simple dan praktis... Ohya ternyata air bekas sisa ungkepan ayam, dipakai untuk bikin nasi aron memang bikin nasinya gurih dan makin yummy ya mba... Nuhuuun ya mba Resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo juga mb Tina, hihi...endess ya nasi dimasak pake kaldu ayam. Baca laporan ini jadi pingin bikin lagi apalagi hujan-hujan gini, lafaaaarrr mulu ^-_^

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.