Laman

Rabu, 28 November 2012

DADAR GULUNG

Assalamualaykum




Udah lama pingin dadar gulung ini. Terakhir bikin waktu masih kuliah. Dadar gulung ini sama dengan dadar gulung lainnya, hanya santannya saya ganti susu cair saja.
Isinya juga pake unti kelapa tapi saya tambahi pisang kukus didalamnya, hehe...kayak gini kok bilang sama sih. Jelas punya perbedaan gitu kok. Penambahan pisang ini sebenarnya hanya iseng saja karena kebetulan punya pisang tanduk.

Untuk membuat dadarnya saya sempat lupa jika pakem dadar gulung ini adalah berlubang-lubang dan agak bopeng pada dadarnya. Ketika membuat dadar seharusnya pake api yang cukup panas supaya dadar bisa berlubang-lubang, tapi malah pake api agak kecil. Sehingga hasilnya ada yang halus permukaan dadarnya.

Bahan isi (unti kelapa) :
1/2 butir kelapa yang agak muda
100 gr gula merah disisir
1 sdm gula pasir
75 ml air
1 lbr daun pandan
seujung sdt garam halus
1 bh pisang tanduk ukuran besar,kukus, potong dadu (bisa pake pisang uli/kepok/raja)

Cara membuat :
1. Parut kelapa muda , sisihkan.
2. Dalam sebuah wajan campur gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam. Nyalakan api sedang. Setelah mendidih kecilkan api dan biarkan gula menjadi larut.
3. Masukkan kelapa parut, aduk rata. Cek rasanya. Masukkan pisang kukus, aduk rata, angkat dari api dan dinginkan.

Bahan dadar :
200 gr tepung terigu
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1 butir telur
400-500 ml susu cair
1 sdm margarin, cairkan
1 sdt pasta pandan

Cara membuat :
1. Dalam sebuah baskom campur jadi satu tepung terigu, gula pasir, garam dan telur. Tuangi susu sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata dan adonan menjadi licin. Masukkan pasta pandan, aduk rata. Menyusul margarin, aduk rata.
2. Panaskan wajan dadar ukuran 22 cm. Setelah cukup panas tuangkan 1 sendok sayur adonan dan ratakan. Masak sampai matang. Angkat dari wajan. Lakukan terus sampai adonan dadar habis.
3. Penyelesaian : ambil selembar dadar, beri 1 sdm isi. Lipat seperti amplop.





12 komentar:

  1. aw..aw..dirimu mengingatkanku hutang janji buatin untuk suami hihiihi...

    BalasHapus
  2. waah...liat postingan ini jadi pengen mbikin jg Mbak....cantiik fotonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di Jepun ada bahannya ayo dibikin um...

      Hapus
  3. kalau intinya di campur durian...alamakkkkkk..... sedap sangat.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. adduhh...kalo dengar kata durian langsung ngiler mb mimie...

      Hapus
  4. Mampir mba Rina, salam kenal ya...Cantik darlungnya, bisa berpori besar2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mb Annadina, senang berkenalan dengan mbak...
      makasih tuk pujiannya mbak. Itu darlung yang berpori aja yang mejeng, yang halus diumpetin, hihi...

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum.. Wah dadarnya cantik..
    ^^
    Tapi anehnya saya gak doyan unti kelapa. Kalo emak saya buat dadar, unti kelapanya saya buangin yang dimakan dadarnya doang. Emak saya ampe geleng2. Hahaha.. Saya nakal yah.. >.< #jd curhat
    Mungkin kalo untinya diganti vla untuk kue sus bakal enak, minta buatin emak ah.. Hahaha.. Yg ini pasti gak kebuang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaykumsalam mb Ayu...
      ternyata ada yang nggak doyan unti kelapa ya, hehe...

      Kalo diisi vla emang enak kok. Ih jadi pingin dadar gulung isi vla juga...

      Hapus
  6. hi rina,
    dah lama juga zila x bikin..rasa mau makan pulak bila kamu show disini..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi juga zila...
      Yuk dibuat yuk dadar gulungnya, hehe...
      Makasih udah jadi follower Dapur Manis. Td dah BW ke blognya Zila ingin jadi follower di sana, tapi internet sangat lambat.Insya Allah jika longgar mau BW ke blognya zila. Makasih juga tuk kunjungannya ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.