Laman

Selasa, 04 September 2012

TAHU SUSUR

Assalamualaykum



Tau nggak tahu susur ? Tahu isi gitu loh. Tahu ini diberi nama tahu susur karena mirip susur atau tembakau yang dipakai nyirih nenek nenek jadul. Tahu disumpelin isi sampe penuh hingga mirip susur.


Tahu ini saya buat untuk snack sore. Alhamdulilah bisa kriuk alias renyah karena terigunya saya campur tapioka/kanji. Biasanya kalo beli jadi, tahunya diisi toge. Berhubung lupa beli toge s
aya pake bahan yang ada di rumah aja.

Bahan :
12 bh tahu sumedang ( atau tahu goreng yang lain )
3 bh bw merah, cincang kasar
1 siung bwputih, cincang halus
100 gr daging ayam rebus, cincang kasar
1 bh wortel, diserut
100 gr kol, iris halus
1 bh jagung manis dipipil
1 batang daun bawang, iris halus
gula, garam, merica
1 butir telur

Bahan celupan :
4 sdm munjung terigu
1 sdm munjung tapioka/kanji
200-300 ml air

Bumbu halus :
1 siung bw putih
1 cm kunyit
2 butir kemiri
garam

Cara membuat :
1. Tumis bw merah dan bw putih, masukkan ayam, wortel, kol dan jagung manis. Menyusul daun bawang, beri bumbu, masak sampai agak kering. Masukkan telur, aduk rata sampai telur matang. Angkat dinginkan.
2. Belah tahu tidak putus, beri isi sampai penuh. Sisihkan.
3. Campur bahan celupan dan bumbu halus, beri air sampai adonan rata dan cenderung agak encer. Tapi jangan keenceran, nanti tahunya tidak bisa terselimuti adonan tepung.
4. Masukkan tahu isi ke dalam celupan. Goreng sampai matang dan kering. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat dengan cabe rawit.

1 komentar:

  1. Assalaamu álaikum !

    Nunggu maghrib saya iseng mencari menu di waktu kecil , bosan dengan masakan luar .martabak tahu adalah pilihan tepat , murah ,sehat sederhana bermutu dan indonesia bangat , kalah tuh panzerotto nya / pastel italy .
    salam . makasih

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.