Halaman

Selasa, 04 September 2012

KETAN BIRU ISI AYAM

Assalamualaykum





PR GRUP DAPUR AISYAH, JUNI 2012

Alhamdulillah selesai juga peernya. Ide awal ingin membuat semar mendem. Tinggal bikin kulitnya, tapi badan udah capek duluan. Akhirnya saya buat aja bentuknya bulat bulat, diisi ayam dan diguyur kuah santan. Alhamdulillah enak juga. Sehari langsung habis.


Tema : Olahan Beras Ketan
Ide tema : Hanni Al Bughuri
Nama resep : Ketan Biru Isi Ayam
Dibuat oleh : Rina Audie

Bahan :
200 gr beras ketan, rendam semalam
250 ml santan
1/2 sdt garam
2 tetes pewarna biru

Isi :
1/2 sdt ketumbar
5 butir bw merah
3 siung bw putih
250 gr daging ayam, cincang kasar
garam, gula, merica, penyedap rasa

Saus :
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdm tapioka/maizena/tep beras, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat :
1. Isi : haluskan ketumbar, bw merah dan bw putih. Tumis dengan sedikit minyak. Masukkan ayam aduk rata. Beri garam, gula, merica dan penyedap rasa. Masak sampai ayam matang, angkat biarkan dingin.
2. Campur beras ketan, santan, garam dan pewarna biru dalam sebuah loyang, kukus selama 30 menit. Setelah santan diserap, angkat. Aduk rata kukus kembali selama 15 menit. Angkat biarkan hangat.
3. Saus : Campur santan, gula dan garam, didihkan sambil diaduk aduk supaya santan tidak pecah. Tuangi larutan tapioka, aduk sampai meletup letup.
4. Ambil selembar plastik olesi minyak goreng, beri 1-2 sdm ketan, beri isi, bulatkan. Letakkan dalam takir daun pisang, siram dengan kuah santan. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.