Laman

Sabtu, 15 September 2012

CAKE TAPE KISMIS

Assalamualaykum



Aduuuuhhh....ingin update blog rasanya kok agak malas. Beberapa hari terakhir ini badan terasa tidak enak. Biasalah, perempuan kalo tiap bulan pasti seperti itu. Bila bangun tidur di pagi hari punggung terasa pegal, linu dan kepala pusing. Tapi tetap saja badan dikuatkan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Selain itu keinginan untuk update blog juga tidak bisa dihindari. Maaf ya bila saya telat update blog, pasti teman teman sudah menuggu ( geer ) tulisan saya lagi....


Semalam saya bikin cake tape. Kenapa pake tape lagi ? Karena tiap sore ada penjual tape singkong keliling yang lewat depan rumah. Setiap penjualnya teriak Tape, Tapeeee.....rasanya kok kayak dipanggil tuk beli. Halah, itu cuma alasan karena nggak tahan godaan makan tape, hehehe...

Cake tape ini saya buat dengan teknik sponge cake. Telur dan gula dikocok sampai kental, baru bahan yang lain menyusul. Pemakaian tepung dan tape memang agak banyak, dan hasilnya cake tape yang agak padat. Hmmm...cocok buat sarapan pagi sebelum pergi sekolah karena cukup mengenyangkan. Untuk variasi saya gunakan juga kismis, cherry dan sukade untuk isi dan taburan kue. Harusnya judulnya bukan Cake Tape Kismis, tapi Cake Tape Dengan Kismis, Cherry dan Sukade. Walaaaaaahhhh...terlalu panjaaaang, hahaha...Udah ah ngocehnya, sekarang kita intip resepnya.

Bahan :
250 gr tape singkong, buang seratnya
50 ml susu kental manis
100 gr magarin, dicairkan
50 ml minyak goreng
5 butir telur ayam
175 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
1 batang vanilla pod, belah, keruk isinya
175 gr tepung terigu
1/4 sdt Baking Powder Double Acting
100 gr sukade
100 gr cherry merah dan hijau, cincang kasar
50 gr kismis, rendam air hangat sampai mengembang, peras sedikit, tiriskan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bentuk cincin diameter bawah 18 cm, olesi margarin dan taburi tepung. Sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat C.
2. Haluskan tape singkong menggunakan garpu, campur dengan susu kental manis, margarin cair dan minyak goreng. Sisihkan. Ayak terigu dan baking powder, sisihkan.
3. Kocok telur, gula, garam dan vanilla pod sampai kental, kaku dan meninggalkan jejak baling baling mixer. Hal ini akam memakan waktu 15 menit.
4. Masukkan campuran terigu dan campuran tape secara berselang-seling sambil dikocok dengan sped rendah ( tepung-tape-tepung-tape-tepung-tape-tepung ).
5. Masukkan sukade aduk balik dengan spatula sampai rata.
6. Tuang ke dalam loyang, ratakan. Taburi permukannya dengan cherry dan kismis. Oven selama 45-60 menit. Bila ditusuk menggunakan lidi tidak lengket berarti kue sudah matang. Keluarkan dari oven. Biarkan dingin.Setelah dingin kue akan merenggang dari sisi loyang. Keluarkan dari loyang dan sajikan.






6 komentar:

  1. hihihi benar mbak terkadang aku juga ada rasa malas upload foto.waaaah enak banget tiap hari ada tukang tape yg lewat,klo saya harus ke pasar dulu,padahal udah lama banget mau buat cupcake cassava

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dong dibuat itu cupcake cassava, biar aku ada resep baru, ya...

      Hapus
  2. 1 batang vanilla pod, belah, keruk isinya < mbak rin ini apa ea...? tak cuba mengerti tetep aja belum ngerti aliyas gak tau beneran....(merem)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vanilla pod itu batang vanilla mb hani, berfungsi sebagai pengharum. Bentuknya seperti buncis tapi warnanya hitam karena kering. Yang dipake biji bagian dalamya. Wanginya khas deh, beda dengan vanili bubuk. Tapi kalo nggak ada ya pake vanili bubuk aja.

      Hapus
  3. kalo pake baking pan bisa ngak mbak , ak belum punya oven hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah bisa. Gunakan api kecil supaya nggak gosong. Saya dapat tips dari teman, alas baking pan diberi abu gosok setebal +- 2 cm. Ini berfungsi untuk meratakan panas. Kalo nggak ada abu gosok pake pasir juga bisa. Kalo nggak ada semua ya nggak usah pake. Yang penting dijaga apinya supaya nggak hangus.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.