Halaman

Jumat, 10 Agustus 2012

BOLU AIR PANDAN



Assalamualaykum







Akhirnya bisa nulis di blog juga. Alhamdulillah.... Untuk entri pertama saya membuat Bolu Air Pandan yang saya buat pada bulan Maret 2010 lalu. Resep ini saya dapat dari grup di FB, Dapur Aisyah.

Bolu Air Pandan
Kemarin sore saya mencoba Bolu Air yang lagi heboh di DA. Tapi ketika dioven agak mekrok krn ovennya kepanasan hihihi....(oven saya nggak ada termometernya) Setengah jam dioven, suhu diturunkan dikit biar nggak makin mekrok. Hasilnya....nyam...Apalagi



setelah nginep semalam, kuenya jadi lebih padat dan lebih enak. Hayuukk silakan dicoba yaaa....

Bahan :
1 butir telur ayam
150 gr gula pasir (bila ingin manis bisa ditambah)
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk
1 sdm cake emulsifier (saya pake SP)
200 ml air dingin (suhu ruang)
225 gr tep terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1 sdt pasta pandan

Cara membuat :
1. Siapkan loyang persegi uk 18x18 cm, olesi margarin dan taburi terigu, sisihkan. Panaskan oven dengan api sedang, suhu 180 derajat C.
2. Kocok telur dan gula pasir sampai pucat dengan mixer speed sedang.
3. Masukkan SP, kocok lagi sambil dituangi air sedikit demi sedikit (begitu dituangi air adonan akan lebih encer). Kocok terus dg kecepatan maksimal sampai adonan menjadi kental, dan baling-baling mixer jadi berjejak.
4. Masukkan tep terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata. Matikan mixer.
5. Masukkan pasta pandan aduk dengan spatula.
6. Tuang ke dalam loyang, oven selama 45 menit. Lakukan test tusuk dg menggunakan tusuk sate sampai ke dasar loyang. Bila tusuknya bersih, berarti sudah matang. Segera keluarkan dari oven. Biarkan sebentar di dlm loyang, setelah itu balik.
 

                                       Ini bolu air pandan yang sudah menginap semalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.