Pages

Tuesday, October 2, 2012

CAKE CARAMEL (BOLU SARANG SEMUT)

Assalamualaykum




Semalam saya membuat cake caramel alias bolu sarang semut. Kue ini saya buat berdasarkan permintaan seorang teman fb yang ingin resep sarang semut. Kebetulan
, sudah lama saya absen membuat cake ini. Saya cukup enjoy ketika membuatnya semalam, karena ini bukan yang pertama kali saya membuat bolu sarang semut ini. Alias sudah berulang-ulang.

Resep ini saya ambil dari buku catatan saya, yang sudah saya modifikasi. Resep asli berasal dari Tabloid Saji. Saya cocok memakai resep ini karena membuatnya sangat mudah. Cukup diaduk-aduk menggunakan whisker, dan cemplang-cemplung. Tidak perlu mixer. Dan hasilnya cukup memuaskan. Sarang atau serat yang terbentuk sangat banyak.

Langkah pertama ketika membuat karamel, gosongkan gula di atas wajan teflon, gunakan api kecil saja. Pakailah wajan yang tebal supaya panasnya merata sehingga karamel yang dihasilkan tidak akan gosong. Biarkan saja gula mencair perlahan-lahan. Jangan diaduk -aduk karena akan lengket sekali. Setelah mencair, tuangkan air panas pelan-pelan saja supaya tidak menciprati tangan. Rebus menggunakan api kecil. Biarkan karamel larut dengan sendirinya. Setelah larut semuanya matikan api dan dinginkan. Jika selama direbus airnya menyusut banyak dan khawatir mengering, boleh ditambahkan air panas lagi. Tuang sedikit-sedikit ya supaya tidak memercik.

setelah matang permukaan cake kelihatan berlubang-lubang

kalo dipotong keliatan bolong-bolong kan.......


Ketika dioven kue akan mengeluarkan buih atau gelembung kecil-kecil di permukaannya.  Ini berarti proses pembentukan serat sedang berlangsung. Semakin mendekati akhir pemanggangan gelembung ini akan semakin berkurang. Berarti kue hampir matang. Bila gelembung tinggal sedikit dan permukaannya kelihatan mengering, segera keluarkan dari oven.

Bahan :
200 gr gula pasir
200 ml air panas
75 gr tepung terigu
25 gr tepung maizena
1 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder (saya pake 1/4 sdt baking powder double acting)
1/4 sdt garam
3 butir telur, kocok lepas
50 gr margarin, aduk-aduk menggunakan garpu sampai lembut
75 ml susu kental manis putih/coklat

Cara membuat :
1. Panaskan gula di atas wajan teflon menggunakan api kecil sampai mencair dan berwarna kecoklatan. Tuangi air panas, rebus sampai karamel larut. Sisihkan sampai dingin. Saring dan ukur sebanyak 250 ml. Bila kurang bisa ditambah air.
2. Siapkan loyang bentuk cincin diameter bawah 16 cm, olesi margarin dan taburi terigu. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
3. Ayak terigu, maizena, soda kue, baking powder dan garam. Masukkan dalam baskom/ wadah besar.
4. Masukkan telur dan air karamel secara berselang-seling (dalam 3 tahap) sambil diaduk menggunakan whisker sampai rata dan licin.
5. Masukkan margarin, aduk sampai rata. Margarin akan begerindil kecil-kecil dan mengapung di atas adonan. Menyusul susu kental manis, aduk rata. Adonan yang dihasilkan cair/encer ya. Tuang ke dalam loyang.
6. Panggang dalam oven selama 45 menit. setelah matang keluarkan dan dinginkan. Balik kue di atas piring, potong dan sajikan.



57 comments:

  1. mampir bu...
    aku jg suka buat kue ini
    hanya saja..kadang jd sarang semut nggak jarang jadi sarang rayap...ahahahah
    ng tau di mana salahnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. komposisi resepnya mungkin kurang pas mb mimie
      ini salah satu kue yang gampang gampang susah alias suka belagu gitu, hehe...

      Makasih ya tuk kunjungannya...

      Postingan tentang photografinya ciamik deh mb mimie
      Bisa saya jadikan bahan belajar food photografi. Thanks tuk sharingnya..

      Delete
  2. sama2 mbak...semoga bisa bermanfaat
    soalnya aku hanya punya kamera poket...
    dan dulu ...aku sebelum tau caranya...suka mati gaya... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. idem mb mimie saya juga masih pake kamera saku kok...

      Kalo mati gaya, itu juga sama, hehehe...

      Mungkin karena saya masih pemula jadi masih bingung menentukan tema fotonya.

      sering sekali tema yang saya inginkan hasil akhirnya meleset, hehehe...

      Delete
  3. wah yang ini sarangnya banyak banget, kapan2 ijin nyoba resepnya ya sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, iya sarangnya keluar banyak.

      silakan dicoba mb Sashy...
      moga sukses ya...

      Delete
  4. bila tidak suka susu bisa di ganti apa mbakk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa ya, hehe...
      saya belum tau pengganti susu kental manis mbak annisa.
      selama ini kalo baca resep sarang semut pasti menggunakan SKM ini.
      maaf ya mb annisa...

      Delete
  5. Mbak... Margarine = blu band ya?trus baking powder itu apa mbak?mohon infonya ya mb...

    ReplyDelete
  6. Mbak... Margarine = blu band ya?trus baking powder itu apa mbak?mohon infonya ya mb...

    ReplyDelete
  7. Mbak... Margarine = blu band ya?trus baking powder itu apa mbak?mohon infonya ya mb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ sinta nilla

      margarin yang dipake nggak harus merk itu mbak. Pake merk apa aja bisa kok.

      Baking powder itu adalah bahan pemuai supaya kue bisa mengembang.

      Delete
  8. saya juga pernah bikin bolu ini, tp waktu membuat karamelnya rada gumpal2 gt. apa waktu membuat karamelnya harusnya jangan di aduk sama sekali ya mba ?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ sukarti annie

      sebaiknya ketika membuat karamel jangan diaduk mbak supaya nggak menggumpal.
      diamkan saja ketika gula mulai mencair. setelah dituangi air panas biarkan sampai larut semua. Setelah semuanya betul-betul larut dan menjadi sirup silakan deh diaduk pelan-pelan, hehe...
      Tapi jika terlanjur menggumpal, akan larut pelan-pelan dengan sendirinya jika dituangi air panas.

      Ok mb Sukarti met praktek ya...

      Delete
  9. pagi, mb rina, kmrn sore saya praktek resep ini.
    kaget banget wkt dipotong, sarangnya penuh dr atas ke bawah. baguuus bgt!
    waktu karamelnya masih panas lsg saya masukin ke tepung, jd margarin gada yang menggumpal, lsg lumer, dan adonan licin.
    trima kasih ya mbak.. besok sy bikin pake resep 6 telur. biar puas. hehe..

    ReplyDelete
  10. @ dedek roslina

    waaa...selamat ya mbak kalo sukses berat sarang semutnya. Kalo bisa bersarang dari atas sampai bawah, full gitu artinya bisa lebih bagus dari saya dong. Saya ikut senang kalo ada yang bikin dan hasilnya lebih baik dari saya. Selamat ya....

    ok deh dibikin lagi yang pake 6 telur biar puas,jangan lupa kirim ke rumah saya, hehe...

    ReplyDelete
  11. mbak rina.....makasih ya sharing resepnya.... hhhmmmm.... punyaku yummy juga... meskipun pict nya nggak sebagus mbak rina... hunting lagi obok2 site ny mbak rina nie buat acara minggu depan selepas UTS nya si beb (thank)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mb hanik. sekarang ini juga masih belajar motret kok. Masih cupu banget, hehehe....
      silakan kalo mau diobok obok blognya. Jangan lupa dipraktekin ya...

      Delete
  12. ea mbak...aku praktekin bener nih , apalagi yang lidah jawa banget..... semangat sampek lupa diet (emot merem ) ^-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak kemarin saya udah berusaha ninggalin jejak di blognya mb hani pake yahoo, tapi kayaknya nggak nyagkut deh. Ini tadi juga baru aja nengok kesana dan komen pake fb. Tau deh bisa nyangkut apa nggak ya komennya.
      Kalo nggak nyangkut/muncul, maaf ya mbak. Saya gaptek nih. Blognya mb hani agak beda ya dengan blog pada umumnya ?

      Delete
  13. Dulu sewaktu saya kerja di salah satu penginapan di Jakarta kebetulan saya mendapat posisi sebagai F&B jadi suka disuruh buat berbagai macam masakan dan kue-kue meskipun basic saya bukan dari sekolah tata boga,mungkin karena bakat dari ibu saya mengalir ke saya,kebetulan kalau saya disuruh membuat kue karamel hasilnya tidak maksimal,tidak bersarang banyak,kenapa begitu yaa ??????? padahal saya selalu mengikuti petunjuk pembuatan kuenya,mungkin ada solusi yang lain mbak ???????????? selain itu ketika saya sedang membuat kue ini,saya juga ingat pada waktu tante saya membuat dan saya mengingat langkah-langkahnya,tapi kenapa selalu gagal.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memakai resep diatas tidak bersarang/tidak maksimal ada beberapa penyebabnya mas manto, misalnya :
      1. takaran pengembang kurang sehingga adonan tidak bisa berlubang-lubang/bersarang
      2. oven kurang panas, sehingga adonan tidak segera bereaksi setelah masuk oven
      3. cetakan yang tidak sesuai resep. Kebanyakan sarang semut ini pake loyang tulban. Resep diatas itu cuma bisa pake loyang tulban/ring. Jika pake loyang persegi atau bulat, nggak mau bersarang mas. Mungkin panasnya kurang rata.

      Dicoba lagi deh mas siapa tau bisa sukses.

      Delete
  14. mbak kenapa ya pas mau di keluarin dari loyang, cakenya lengket di loyang? padahal udah di olesin margarin dan di taburin terigu? aku dah 4x nyoba, dan hasilnya tetep sama. padahal cakenya bersarang byk....:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika udah matang keluarkan aja selagi panas/hangat, tapi hati hati ya karena ketika masih panas tekstur kue sangat lembut sehingga mudah koyak. Setelah didinginkan secara sempurna, baru deh tekstur kuenya lebih kokoh dan agak padat.

      Delete
  15. Salam kenal mbak Rina,
    Saya ikutin recipe-nya dan berhasil :)
    Aku minta ijin share recipe nya di blog saya ya, mbak.
    http://littlesweetdesires.blogspot.com.au/2013/05/kue-sarang-semut.html
    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jika sukses, ikut senang mendengarnya....

      Delete
  16. makasih ya resepnya, bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  17. dirumah saya mba bolu sarang semut ini jarang ada yg bisa bikinnya. saya jadi penasaran sesulit apa setelah saya coba menggunakan resep mba rina ternyata sukses besar dalam sekejap bolu sarang semut ludes. padahal ini pertama kalinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah seneng deh dengernya. Sukses terus ya buat Syifa...

      Delete
  18. ijin copas resepnya ya mbak rina, mau nyobain praktekin resepnya juga nih ,..

    ReplyDelete
  19. Saya iseng 2 Googling resep ini ketemu resep mbak rina kog kayak nya simple en enak... saya praktekin ... berhasil en bersarang mbak +wenak.. trimakasih banyak mbak rina... salam kenal sebelumnya ♥♥♥

    ReplyDelete
  20. Mau nyoba resepnya Мƅɑ̤̈̊ҝ ......[τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅] °ϋϑάђ° share......

    ReplyDelete
  21. masukan cara berselangdan air karamel secara berselang-seling (dalam 3 tahap .maksudnya berselang-seling itu bagaimana ya mbk?????? sama, dalam 3 tahap saya tidak mengerti itu maksudnya apa???

    ReplyDelete
  22. rasanya ky bingka ambon gt gak sih mbak?

    mampir jg ya ke www.momsandlovelykids.blogspot.com
    www.bajuanakgrosirmurah.com

    ReplyDelete
  23. langsung praktek ah.. enak kyknya hehehe

    ReplyDelete
  24. Soda kue ny klo dganti dg sp gmn, sama atau tidak yaa.? Trus margarine nya enggak perlu dicairkan yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sp dan soda kue beda lho ya fungsinya. Soda sebagai pengembang saja, sp sebagai pelembut merangkap pengembang juga. bentuknya pun beda. Sp berbentuk solid, kalo dicampur aja nggak bisa larut. Beda dengan soda yang berbentuk bubuk, Jadi SP tidak bisa menggantikan soda kue untuk membuat sarang semut.

      Delete
  25. Asalam'alaikum,,
    sembari nunggu pacar/suami/leluarga/sodara/atau kerabat(cowo) yg lg jumatan,,
    sista-sista tengok web qu yuks?? http://mazayabandung.com/
    bisa jg add FB : mazayamuslimah@gmail.com / YM : mazaya_bandung@yahoo.com
    Hatur nuhunnnn (^_^)

    ReplyDelete
  26. Asalam'alaikum,,
    sembari nunggu pacar/suami/keluarga/sodara/atau kerabat(cowo) pulang kerja,,
    sista-sista tengok web qu yuks?? http://mazayabandung.com/
    bisa jg add FB : mazayamuslimah@gmail.com / YM : mazaya_bandung@yahoo.com
    Hatur nuhunnnn (^_^)

    ReplyDelete
  27. Salam kak,,, mau tanya kalau loyangnya pake yg persegi apa yang harus di ubah, makasih kak. Q tunggu jawabanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah gagal karena pake loyang persegi saya tidak pernah bikin pake loyang persegi. sekarang selalu pake loyang tulban. Jadi kalo tidak mau gagal sebaiknya ikuti saja resepnya termasuk bentuk loyang yang dipake

      Delete
  28. alhamdulillah mb rina q berhasil seratus persen

    ReplyDelete