Eggless Marble Sponge Cake Using Cake Emusifier (Cake Marmer Tanpa Telur Menggunakan Cake Emulsifier)

Assalamu'alaykum


Beberapa tahun yang lalu ketika saya sedang bengong melompong karena ga dapat ide untuk bikin apapun, mendadak di kepala pingin resep eggless cake pakai emulsifier. Ndilalah, kok ya segera menemukannya di google. Saya segera praktek yang ketika itu adalah resep Swiss Roll alias bolu gulung (tapi jangan tanya resep Eggless Swiss Roll ini ya. Udah gak ingat resepnya). Tanpa disangka setelah matang kok cepet habis ya sebelum difoto. Setelah itu saya tidak bikin lagi karena lupa, malah keasikan bikin aneka macam roti. Dan ketika teringat kembali akan resep ini saya segera capcus ke dapur. Resep ini adalah resep sponge cake. Penggunaan telur dihilangkan dan diganti air. Sedang bahan lain sama, misalnya seperti penggunaan tepung, gula dan juga lemak. Proses pembuatan juga persis plek seperti sponge cake. Pakai mixer juga dari awal pembuatan, untuk membuat adonan mengembang tinggi seperti halnya sponge cake. Oh ya nama lain cake emulsifier adalah cake gel. Mengacu pada bentuknya yang berupa gel. Sengaja bikin cake ini untuk variasi resep eggless di DapurManis ya, biar banyak pilihannya gitu. Jadi kalo lagi ga punya telur atau baking powder dan soda kue, bisa menggunakan cake gel. Hasilnya enak. Lembut, moist, sedikit membal dan tidak terlalu manis. Lebih light. Nggak seret ketika ditelan. Sedang kekurangannya adalah beremah dan sedikit rapuh. Rapuh karena tidak memakai telur sebagai perekat dan penguat struktur cake. Jadi ketika sudah matang, usahakan tunggu dingin dahulu baru dipotong. Selain itu warnanya juga lebih pucat karena tidak menggunakan telur. Ok, udahan dulu prolognya. Mau nganu, beberes yang lain di rumah hihihi....bye dulu ya.

Bahan :
300 ml air
¼ sdt garam
150 gr gula pasir
1¾ sdt cake emulsifier/cake gel (SP, Ovalet, TBM)
2 sdm susu bubuk
200 gr tepung terigu serbaguna
3 sdm tepung jagung
50 gr mentega tawar, lelehkan
50 ml minyak sayur
2 sdm cokelat bubuk larutkan dengan 2-3 sdm air panas hingga jadi pasta

Cara membuat :
1. Siapkan loyang persegi 18x18x7 cm. Alasi dasarnya dengan kertas roti dan olesi semua bagian dengan minyak/margarin. Panaskan oven suhu 180°C. Sisihkan.

2. Dalam wadah besar kocok air, garam dan gula sampai gula larut. Masukkan cake emulsifier, kocok menggunakan mixer speed rendah dahulu. Adonan akan berbuih dan pelan-pelan mengental. Seiring dengan itu, sedikit demi sedikit naikkan kelajuan mixer hingga maximal. Kocok terus adonan sampai jadi putih, mengembang besar, dan berjejak bekas baling-baling mixer. Tahap ini memakan waktu sekitar 10-15 menit.

3. Ayakkan campuran susu bubuk, terigu dan tepung jagung di atas adonan air. Kocok kembali dengan speed rendah asal rata.

4. Terakhir masukkan campuran mentega dan minyak sayur. Kocok sebentar asal rata. Ambil spatula, aduk balik sampai ke dasar wadah hingga benar-benar tercampur rata.

5. Ambil adonan sebanyak 2 sendok besar, beri larutan coklat, aduk rata. Tuang adonan putih ke dalam loyang. Menyusul adonan cokelat di atasnya secara acak. Dengan menggunakan lidi atau garpu atau sendok, buat motif marmer.

6. Panggang dalam oven sampai matang selama 45-50 menit. Lakukan tes tusuk. Jika sudah matang keluarkan dari oven. Biarkan 5-10 menit di dalam loyang. Balik di atas rak pendingin. Dinginkan sebelum dipotong.

Note :
* Pastikan permukaan cake benar-benar sudah kering. Karena salah perkiraan, bagian atas cake saya ternyata masih basah. Ketika dibalik lapisan atas lengket ! Sayang sekali. Jadi rusak penampilan cake saya. Disebabkan banyak mengandung air jadi lapisan atas agak lama keringnya.

* Jika oven mempunyai api atas nyalakan saja setelah bagian pinggir cake berwarna kuning kecoklatan. Panggang sampai permukaan jadi matang dan kering.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

he eh ya mba pucat ya... mirip bolu kukus malah ya mba..

nah ini yang penting ga seret ketika ditelan.. he he he

Waaahh.... Bs jd alternatif nih mbak Rina klo lg pengen bikin cake tanpa telur. Secara skrg harga telur lg mehong kan yaa hehee..


Mom Khalishah

@mb Monica
Iya mirip bolkus ya penampakannya. Lumayan tuh kalo pas telur mihil hihihi

@Mom Khalisah
Eh iya sekarang lg mehong telur ayam. Bisa jadi alternatif resep ini kalo kepingin makan cake.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon