Oseng Tahu Lokio

Assalamu'alaykum


Tempo hari ketika belanja di tukang sayur saya melihat lokio alias bawang batak bergelantungan di gerobag tukang sayur. Waktu itu saya gak ada niat untuk beli karena gak punya ide masak lokio. Esok harinya barulah saya berpikir untuk mencoba menumisnya. Akhirnya beli deh itu lokio. Menurut nasihat tukang sayur (cieeee....) lokio cocok ditumis dengan teri. Sip deh. Saya mau bikin sesuai anjurannya. Biar hasilnya banyak ditambah tahu. Semangat banget deh ketika meracik bumbu dan bahan-bahannya. Tapi ketika menyiangi lokio, barulah saya mengeluh. Harus membersihkan akar dan memotong batangnya. Kecil-kecil, buanyak pulak. Mana sampahnya lebih banyak daripada bawangnya. Akhirnya dari beberapa ikat lokio, saya hanya menyiangi 3 ikat saja. Pegel sodara sodara hahahahh..... Resep oseng ini sangat simpel yah. Tidak ada yang sulit dengan resep ini. Asal cemplang cemplung ajah. Sekarang lihat resepnya yuk

Bahan :
500 gr tahu putih/kuning
3 ikat (+- 350gr) lokio
50 gr teri medan (boleh pakai teri jengki)
½ sdt kecap asin
300 ml air
1 sdt saus tiram
Garam gula merica bubuk secukup rasa

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
10 bh cabe merah keriting
10 bh cabe hijau keriting

Cara membuat :
1. Potong dadu tahu kemudian goreng asal berkulit. Tiriskan.

2. Siangi lokio, buang akar dan sisakan batangnya kira-kira 3-4cm. Cuci, tiriskan. Cuci juga teri medan, tiriskan.

3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris sampai layu dan harum. Masukkan kecap asin.

4. Masukkan teri medan, aduk aduk sampai rata. Menyusul tahu goreng, saus tiram, air, gula, garam dan merica bubuk. Didihkan.

5. Koreksi rasanya. Setelah pas masukkan lokio. Masak sampai bumbu meresap dan kuah menyusut. Matikan api.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Baru tahu saya ada sayur namanya lokio. Jadi penasaran, kalau tanya emak saya, kira-kira paham nggak ya, ato mungkin ada nama lain lokio...

Lokio itu bawang batak mbak. Tadi sisanya lupa gak dijepret sekalian. Biasanya lokio ini untuk bikin Arsik, makanan Batak. Bentuknya kecil-kecil gitu. Dijual ikatan bersama batang dan daunnya sekalian

Ha ha ha pegel ya bersihin lokio?

Nah masakan gini nih makan pake nasi anget sudah enak banget..jadi lafar malem2 liat oseng tahu lokio ini

@mb monica,
Pegel puooollll hahahahah

Masakan simpel, rasanya ringan gini sesuai dengan seleraku. Dan betul banget, makan pakai nasi anget aja, enaknyaaa selangit

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon