Eggless Fudge Brownies

Assalamu'alaykum


Karena bengong dan gak ada kerjaan saya bikin brownies aja. Perasaan setelah saya kenal tetangga yang bernama Bu Tari saya jadi ngefans lagi sama brownies setelah beberapa tahun terakhir mengabaikannya. Iya. Tepatnya setelah ikut Food Combining saya bisa anteng terhadap segala makanan dan snack manis termasuk coklat. Ketika beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke rumah bu Tari, beliau menyuguhkan brownies pada saya. Brownies tersebut saya bawa pulang untuk dinikmati  waktu cheating tiba. Aahhh nikmat sekali mengudap sepotong kecil brownies buatan beliau. Resep beliau sudah saya posting ya, Brownies Coklat. Brownies tersebut tanpa coklat batang dan hanya coklat bubuk yang digunakan. Tapi rasanya jangan underestimate. Hampir semua tetangga  pernah menikmatinya lho, dan semua memuji brownies beliau. Keren deh bu Tari resepnya 👍👍👍 Nah karena alasan itulah kenapa akhir akhir ini saya bikin brownies lagi. Kangen dan ketagihan hihihi.... Kali ini saya bikin tanpa telur karena memang pingin yang tanpa telur. Meski tanpa telur tetep aja enak. Moist alias lembab dan fugdy alias padat tapi lembut. Karakteristik brownies favorit saya emang seperti itu. Saya biasa menikmatinya di kala cheating pada akhir pekan. Brownies disimpan di box plastik dan dimasukkan kulkas. Untuk resep di bawah nanti saya beri tambahan kopi hitam dan capuccino bubuk. Biar ada sedikit rasa pahitnya. Brownies paling nikmat jika sudah menginap ya. Jadi sudah blend semua bahan bahannya. Nikmati saja bersama kopi susu, pasti surgaaaa rasanya hihihi.....

Bahan :
60 gr coklat bubuk
25 gr capuccino bubuk
4 gr kopi hitam instant
¼ sdt garam
325 ml air
100 g mentega tawar
150 ml minyak goreng
350 gr gula pasir (tidak terlalu manis)
300 gr terigu
½ sdt soda kue
35 gr susu bubuk

Toping : kenari, wijen, chocochips

Cara membuat :
1. Siapkan 1 loyang ukuran 22x22x4cm dan 1 loyang ukuran 10x20x4cm. Alasi semua loyang dengan kertas roti dan olesi minyak semua bagiannya. Panaskan oven 200'C. Sisihkan.

2. Dalam wadah besar campur coklat bubuk, capuccino, kopi hitam dan garam. Aduk rata, sisihkan.

3. Rebus air sampai mendidih. Masukkan mentega, biarkan leleh. Matikan api. Selagi panas tuang ke dalam campuran coklat kopi, aduk sampai rata. Menyusul minyak goreng.

4. Masukkan gula pasir, aduk sampai gula larut. Gunakan sendok kayu untuk mengaduknya. Biarkan suhunya turun sampai hangat.

5. Ayakkan campuran terigu, soda kue dan susu bubuk ke dalam larutan coklat gula. Aduk asal rata.

6. Tuang ke dalam loyang, beri taburan. Panggang selama 25 menit untuk loyang 22x22cm dan 15-18 menit untuk loyang 20x10cm. Keluarkan dari oven, dinginkan.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Wah penasaran aku bikin brownies tanpa telur hasilnya bisa moist ..., gimana kalo aku ikutan jadi bagian icip-icipnya ? Hahaha ..., becanda loh kak.

Hai apa kabar mas.
Boleh kok silakan ya. Ini jadinya buanyak kok, bisa bagi-bagi hasilnya 😊

Dikasih kopi n capucino, wuihh makin enak nih... Ngiler..

@mb monica
Yup, di rumah pada doyan brownies dikasih kopi kopian gini

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon