Pizza Jagung Ayam Mayonaise

Assalamu'alaykum


Tumben nih saya bikin pizza. Iya. Merasa jenuh dan bosen bikin roti manis. Pingin makan yang gurih gurih gitu. Membuat pizza merupakan pilihan yang tepat. Bahan yang mudah didapat jadi alasan saya ingin membuatnya. Bahan juga sudah tersedia di rumah. Mayonaise yang sudah beberapa lama menginap di kulkas jadi incaran untuk dibuat pizza ini. Selain menggunakan mayo, saya pakai tumisan ayam untuk melengkapi topingnya. Bumbu yang digunakan sengaja menggunakan bawang bombay 1 butir ukuran besar. Jika ukurannya kecil, gunakan 2 butir. Tujuannya supaya mendapatkan rasa manis alami dari bawangnya tadi. Enak lho bawang bombay tumis tuh. Rasanya manis.

Resep pizza ini mudah dibuat karena menggunakan metode no knead bread. Adonan kulit atau rotinya tanpa diuleni. Cukup diaduk menggunakan sendok kayu saja. Jadi gak perlu tenaga dalam untuk nguleninya. Karena tanpa ulen, penggunaan air agak banyak dan adonannya lembek. Jika lembek akan mudah meratakannya di atas loyang.  Gampil kan. Empuk lagi hasilnya. Selain itu adonan ini tanpa fermentasi lama. Hanya disisihkan sebentar beberapa menit, sementara kita menyiapkan bahan lain. Tahap ini secara tidak langsung membuat adonan jadi terfermentasi dengan sendirinya. Jadi sangat efisien dari segi waktu dan tenaga. Ya nggak ? Jujur, lebih mudah bikin pizza daripada roti karena roti pizza tidak membutuhkan tekstur khusus seperti halnya roti sobek, roti tawar atau roti manis. Seringkali penikmat roti menuntut tekstur yang lembab, lembut, moist dan serat panjang. Sehingga perlakuan adonannya pun khusus. Sedang pizza tidak. Asal nggak bantat, udah sip rotinya. Dan, topping yang enak tentunya. Sekarang lihat resep di bawah ini. Yuk cekidot.


Bahan kulit :
350 gr tepung terigu protein sedang
4 gr ragi instan
4 gr garam
2 sdm gula pasir
2 sdm minyak goreng
275 ml air hangat

Topping :
1 sdm minyak goreng
1 butir bawang bombay, cincang kasar
150 gr daging ayam, cincang kasar
Garam, lada secukupnya

6 sdm saus tomat, siap pakai atau homemade
1 tongkol jagung manis, rebus, pipil
4 sdm mayonaise
3 bh sosis ayam, iris bulat
Keju cheddar atau mozzarela, diparut, secukupnya
Oregano kering, secukupnya
Wijen putih untuk taburan

Cara membuat :
1. Kulit : campur air hangat, gula dan ragi. Diamkan sampai berbuih selama 5 menit. Masukkan minyak sayur, terigu dan garam, kemudian aduk menggunakan sendok kayu sampai rata. Adonan yang terbentuk lembek ya. Tutup. Sisihkan.

2. Topping : panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay sampai bening. Masukkan ayam cincang. Beri garam dan lada. Aduk rata sampai ayam matang, matikan api. Sisihkan.

3. Siapkan 2 buah loyang pizza diameter 22cm olesi mentega atau minyak goreng. Sisihkan.

4. Kempiskan adonan. Lumuri tangan dengan minyak sayur atau minyak goreng. Bagi adonan jadi 2 bagian. Ratakan di atas loyang, dengan bagian pinggir lebih tebal. Tusuk-tusuk dasarnya pakai garpu supaya tidak mengembang jika dipanggang. Sisihkan.

5. Dalam wadah lain campur jagung pipil, ayam cincang dan mayonaise, aduk rata. Ambil adonan yang telah siap, olesi saus tomat, ratakan. Beri campuran ayam mayo di atasnya, ratakan. Tata sosis. Taburkan keju parut, sedikit oregano dan wijen. Sisihkan.

6. Panaskan oven suhu 200°C. Panggang selama 20 menit sampai kuning kecoklatan. Keluarkan, siap disajikan.

Hasil : 2 loyang 22cm


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

akhirnya, dirimu buat pizza juga mba, sekali buat loh kok banyak he he he...
wuih enak nih..

Iya mb Monic. Lha bosen sih bikin roti manis mulu. Tuh di kulkas masih ada sisa mayo. Bisa jadi alasan membuat pizza lagi hahahah

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon