Pia Basah Bumbu Spekoek


Assalamu'alaykum


Dalam rangka memberdayakan kacang ijo di kulkas, saya merebus kacang ijo yang selanjutnya disimpan di dalam freezer. Waktu itu saya tidak punya ide apapun, hanya pingin merebusnya saja. Mau dibikin bubur, lagi bosen. Akhirnya setelah nginep di freezer selama 10 hari barulah dapat ide untuk mengolahnya. Saya kangen dengan Pia Basah. Sebenarnya di warung dekat rumah ada sih pia basah ini tapi rasanya gitu-gitu aja. Saya ingin variasi yang berbeda. Ketika memasak isiannya, saya kepikir memasukkan bumbu spekoek ke dalamnya. Ternyata cucok deh kacang ijo dikasih bumbu spekoek. Berasa lebih legit baik aroma maupun rasanya 😋😋😋

Bahan isi :
125 gr kacang hijau
500 ml air
50 gr gula merah
25 gr gula pasir
2 sdt bubuk spekoek
2 lbr daun pandan
sejumput garam
2 sdm minyak goreng

Cara membuat :
1. Rebus air sampai mendidih, masukkan kacang ijo, matikan api. Biarkan semalam dalam kondisi panci tertutup. Keesokan harinya rebus kacang ijo sampai empuk tanpa mengganti airnya. Saring dan tiriskan.

Note :
* Jika pakai panci presto, rebus 125 gr kacang hijau menggunakan 1 liter air sampai mendesis. Setelah mendesis, kecilkan api dan rebus selama 15 menit.

2. Blender kacang ijo sampai halus. Tuang ke dalam wajan. Masukkan gula merah, gula pasir, bumbu spekoek, daun pandan, dan garam. Masak sampai kering dan kalis. Koreksi rasanya. Matikan api.

3. Masukkan minyak goreng, aduk rata. Biarkan dingin. Setelah dingin bagi menjadi 20 bagian dan bulatkan.

Kulit :
250 gr terigu protein sedang
3 sdm gula pasir
3 gr ragi instan
125-150 ml air hangat (penggunaan air tergantung kelembaban tepung)
2 sdm margarin
1/4 sdt garam halus

Cara membuat :
1. Dalam sebuah baskom masukkan terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata. Masukkan air sambil diuleni sampai rata dan lembab. Masukkan margarin dan garam, uleni sampai kalis (tidak lengket ditangan).

2. Fermentasikan adonan di tempat hangat sampai mengembang, selama +- 45 menit. Siapkan pan datar anti lengket tanpa dioles apapun.

3. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 20 bagian. Beri adonan dengan isi kacang ijo. Bulatkan dan pipihkan. Letakkan di pan datar anti lengket. Beri jarak diantaranya karena kue akan sedikit mengembang. Diamkan sampai mengembang 50% dari besar semula.

4. Nyalakan api, panggang dengan api kecil sampai kecoklatan selama 20 menit. Tutup supaya rata matangnya. Balik sekali, panggang kembali sampai kecoklatan. Angkat dan dinginkan.

Hasil : 20 buah 


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

oh iya ya mba, kacang ijo pake spekuk enak ya... wah jadi penasaran juga... kapan2 pengen coba, tunggu mood datang he he he

Enak. Cucok tuh. Legit jadinya. Nyam nyam...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon