Jengkol Pedas Manis


Assalamu'alaykum


Siapa yang maniak jengkol ?? Ngacung !!! ☝☝☝ Di rumah yang demen jengkol bapaknya anak-anak. Karena di pasar komplek ada jengkol murah langsung deh beli 1/2 kg seharga IDR 10ribu saja. Murah kan. Kalo pas gak musim, jengkol bisa melejit melebihi harga daging sapi. Terutama pas Lebaran dijamin jengkol sangatlah muahal. Olahan jengkol di DapurManis sudah ada beberapa resep ya. Kali ini saya tambahi biar ada variasi. Resepnya mirip semur tapi dimasak agak kering. Supaya tidak bau, saya merebus jengkol pakai daun jeruk purut yang buanyak. Ada yang bilang pakai kopi hitam juga bisa. Tapi saya males membilasnya satu persatu jika kopinya nyelip-nyelip di dalam jengkol. Kalo gak bersih takut pait. Jadi saya memilih pakai daun jeruk saja yang aman. Kan setelah direbus tinggal buang aja. Beres. Nah setelah direbus sampai empuk barulah jengkol dikupas, dibelah kemudian dimemarkan supaya ketika dimasak bisa meresap bumbunya. Tekstur jengkol mirip kentang tapi lebih padat. Merebus jengkol menggunakan panci biasa cukup lama karena daging jengkol cukup keras. Jika punya panci presto (pressure cooker) gunakan saja. Cuma 15 menit saja sudah empuk in syaa allah. Bisa hemat waktu dan bahan bakar kan ya. Sekarang yuk liat resepnya di bawah.

BAHAN:
500 gr jengkol tua (kulit arinya berwarna coklat gelap)
1,5 liter air untuk merebus jengkol
1 genggam (20-30 lbr) daun jeruk purut
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas geprek
5 sdm kecap manis
500 ml air
2 sdt gula pasir
1 sdt garam
1 bks (65 ml) santan kental instant
Bumbu halus:
1 sdt ketumbar
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah kemiri
15 buah cabe merah kriting
10 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
1. Rebus jengkol bersama 1,5 liter air dan daun jeruk hingga empuk, buang daun jeruk dan airnya, tiriskan. Setelah dingin kupas kulit arinya. Belah, geprek satu persatu sampai memar. Sisihkan.

Note :
*  Saya merebus jengkol pakai panci presto. 500gr jengkol direbus bersama 3 liter air dan 1 genggam daun jeruk purut. Setelah mendidih kecilkan api dan lanjutkan merebus selama 15 menit.

2. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus hingga matang dan garing supaya tidak langu. Masukan salam dan lengkuas, tumis sebentar.

3. Masukan jengkol, aduk rata. Menyusul kecap manis. Tuangi air, beri gula, garam kemudian aduk rata. Boleh diberi kaldu bubuk jika suka.

4. Lanjutkan memasak hingga air menyusut dan bumbu mengental. Masukkan santan kental. Aduk rata kemudian koreksi rasanya. Jika sudah pas matikan api dan siap disajikan.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

mba Rina... mau pake banget ini... coba dekat sudah tak samperin rumahmu mba minta jengkolnya.. ha ha ha

foto paling bawah asli buat ngiler..

Hahahah....lama gak masak jengkol nih di rumah. Perasaan enaknya gak karu karuan. Sehari juga habia gak pake nginep

Yoi, kalo dekat bisa ikut ngicip nih jengkolnya

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon