Roti Tawar Santan

Assalamu'alaykum



Alhamdulillah mood ngeblog kembali lagi. Hampir seminggu gak ngeblog kok rasanya gimana gitu. Rutinitas yang telah dijalani beberapa tahun terakhir ini membuat saya happy. Iya. Berbagi resep di blog membuat saya bahagia. Alhamdulillah. Kali ini saya bikin roti tawar karena ditagih orang rumah. Roti tawar yang menggunakan santan sebagai cairannya. Masih demen pakai santan karena rasanya yang gurih khas santan. Sudah gitu lembab lagi. Resep masih sama dengan Pandan Coconut Bread tapi diskip pandannya. Kemudian gulanya ditambah dikit biar lebih manis rasanya. Terus ragi instant cuma 6 gr karena cuaca panas dan lembab sekali. Hasilnya roti yang halus seratnya. Pakai BreadMaster ternyata bisa juga menghasilkan roti dengan serat halus dan panjang seperti diuleni manual. Syukaaa deh. Yuk capcus resepnya....


Bahan :
500 gr terigu serbaguna
2 sdm susu bubuk
125 gr gula pasir
6 gr ragi instant
1 butir telur utuh
250 ml santan sedang
2 sdm mentega tawar
½ sdt garam halus

Olesan sebelum dipanggang : 1 sdm telur kocok + ½ sdm susu cair
Taburan : biji wijen putih

Cara membuat :
1. Campur jadi satu terigu, susu bubuk, gula pasir dan ragi instant dalam wadah besar, aduk rata. Buat lubang di tengah.

2. Masukkan telur. Menyusul santan pandan sambil diuleni. Tuang santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai menggumpal dan sedikit lengket.

3. Masukkan mentega dan garam. Uleni sebentar. Lanjutkan mengulen sampai kalis elastis. Tutup baskom adonan menggunakan serbet lembab/tutup panci sampai mengembang dua kali lipat atau lebih (waktu tidak mengikat, tergantung suhu ruangan)

4. Siapkan 1 bh loyang loaf ukuran 20x10x10cm, dan 1 bh loyang brownies ukuran 20x10x4cm. Alasi kertas roti dan oles dengan mentega/margarine/minyak di semua bagian loyang. Sisihkan. Siapkan juga cupcase, sisihkan.

5. Kempiskan adonan. Timbang masing masing seberat 50gr. Bulatkan. Sisihkan 10 menit supaya relax (hasilnya jadi 20 pcs).

6. Ambil adonan, tipiskan kemudian gulung sambil dipadatkan. Putar 90' sehingga sisi pendek di depan kita. Tipiskan kembali kemudian gulung sambil dipadatkan. Letakkan berjajar di loyang (loyang loaf berisi 10 pcs, loyang brownies 6 pcs dan sisanya pakai cupcase)


Note :
* Saya mengisi loyang loaf dengan 12 pcs adonan dan ternyata terlalu banyak. Hasilnya ketika dioven membubung tinggi dan hampir meluap hihihi..... Idealnya hanya diisi 10 pcs @50 gr.

7. Tutup adonan dan fermentasikan di tempat hangat hingga mencapai 80-90% dari tinggi loyang.

8. Panaskan oven suhu 180'C. Ambil adonan yang telah mengembang. Olesi dengan campuran telur kemudian taburi wijen.

9. Panggang sampai matang dan permukaannya kuning kecoklatan, selama 30 menit. Setelah matang olesi mentega selagi panas.

Menggunakan BreadMaster :
1. Masukkan ke dalam baskom berturut-turut, santan, telur, mentega, gula pasir dan garam. Menyusul terigu. Buat cekungan di atasnya dan letakkan yeast di dalam cekungan tersebut.
2. Sentuh menu no.16 (Mix). Sentuh menu Time + beberapa kali sampai muncul angka 30 di LCD. Artinya Bread Master akan menguleni selama 30 menit. Sentuh Start. Biarkan Bread Master menguleni sampai waktu habis.
3. Setelah waktu habis keluarkan adonan dan fermentasikan di baskom beroles minyak sampai mengembang besar. Lanjutkan seperti step 5 di atas.

Potongan roti paling depan disobek.
Potongan roti di belakangnya
dipotong pakai pisau.
Hasilnya beda. Yang disobek kelihatan
lebih halus
 dengan serat panjang-panjang


الَّذِيْ جَعَلَ لَـكُمُ الْاَرْضَ مَهْدًا وَّسَلَكَ لَـكُمْ فِيْهَا سُبُلًا وَّ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً  ۗ  فَاَخْرَجْنَا بِهٖۤ اَزْوَاجًا مِّنْ نَّبَاتٍ شَتّٰى

"(Tuhan) yang telah menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu, dan menjadikan jalan-jalan di atasnya bagimu, dan yang menurunkan air (hujan) dari langit. Kemudian Kami tumbuhkan dengannya (air hujan itu) berjenis-jenis aneka macam tumbuh-tumbuhan."
(QS. Tha Ha: Ayat 53)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

10 komentar

Mba Rina, maulah rotinya, ih seratnya itu loh panjang dan halus...
makan oles selai srikaya kayaknya enak nih

seminggu ga ngeblog sudah kangen ya mba... ahai diriku sudah berminggu-minggu... lah ini tadi baru update.. bulan ini baru 2 postingan, malasnya diriku ya..

Asiiiiikkkk....kedatangan mb Monic. Sueneng diriku. Eh ya maaf tempo hari kirim WA, bgtu selesai langsung kabur tanpa pamit hihihi....maaf kalo kurang sopan kemarin WA nya. Makasih ya udah bersedia ngeladeni WA. Peluuuuukkkkk.....

Yes....roti dengan serat panjang, halus dan rapat biasanya jaminan yahud. Itu roti cuma digadoin aja dan tau tau ludes dalam itungan jam. Padahal 2 loyang lebih lhoooo hihihi....

Wah pasti enak ya mba, apa lagi dimakan pada pagi hari buat sarapan ditemani susu :D

Saya baca cara buatnya pening, dah ah pengennya yang sudah matang saja. Dimakan bersama kopi, pastinya nikmat sekali.

Say setahun saja, biasa-bisa saja. Habis tidak ada yang kangen seh :)

Jadi ini adonan roti pakai santan, lihat tampilannya sangat menggoda
waduh dietku gimana haha
salam kenal ya
aku baru pertama kali bertandang ke blog ini, blognya cantik adminnya juga pasti cantik
salam kenal ya 😊

Hahahahah......no komen aja lah hahah....

Ya cocok. Paling pas sambil nyusu ya mas hahahahaaa....piiiissss....

Ribet bacanya karena stepnya memang panjang. Tapi hasilnya recommended ini roti

Salam kenal juga Ummi Hani

Hahaha...roti ini dibuat memang sengaja buat gagalin diet. Jahat ya hahahahha......asli enak banget roti pakai santan ini. Bolak balik sudah saya bikinnya.

Meski baru sekali ke sini saya senang banget. Makasih sudah berkunjung kemari. Semoga betah ya mbak mengunjungi blog saya.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon