Balado Tongkol.....Super Yummmyyy....


Assalamu'alaykum


Yuhuuu ketemu lagiiii...maaf jika beberapa hari terakhir saya absen ngeblog. Mau cerita duyu ya. Sebenarnya sudah lebih dari 1 minggu ini gusi saya bengkak. Huhuhu....sakit bener. Lokasinya tepat berada di atas gigi geraham bungsu. Kebayang kan kalo pas mingkem berasa ganjel dan sakit banget. Apalagi buat makan, jangan ditanya deh. Setelah periksa, diberi obat pengempis dan penghilang rasa sakit. Alhamdulillah sudah baikan. Gusi sakit gini saya gak bisa ngapa ngapain. Mau ke dapur juga males. Makan juga susah. Lebih sering makan bubur atau aneka jus nih biar gusi yang bengkak gak kesenggol senggol. Jus sayur atau jus buah. Meski begitu saya masih bisa ke dapur jika gusi berasa nyaman. In syaa allah jika sudah kempis mau periksa lagi. Entah mau cabut gigi atau bagaimana terserah nanti dokternya. Mohon doanya ya supaya saya bisa segera sehat kembali.

Well, sekarang kembali ke resep yah. Selama ini jika bikin balado saya lebih sering pakai terong. Karena ditawari ikan tongkol sama tukang sayur hayuk ah bikin balado. Sebelum diolah balado, tongkol dikukus dulu kemudian digoreng asal kecoklatan, supaya tidak mudah hancur. Nah siap deh diolah balado. Untuk resep baladonya dipakein kemiri biar gurih. Sajikan saja bersama nasi hangat. Jangan salahin saya ya jika timbangan badan geser ke kanan hahahah....

Bahan :
2 ekor ikan tongkol (800gr), potong jadi 4 bagian masing-masing
1 butir jeruk nipis/lemon, ambil juice-nya
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai memarkan
1 sdt garam
1 sdm gula pasir/gula merah

Bahan balado :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
25 bh cabe merah keriting
10 bh cabe rawit merah
2 butir tomat merah
1,5 sdt terasi bakar
4 butir kemiri

Cara membuat :
1.  Cuci tongkol sampai bersih. Buang insang dan isi perutnya. Kucuri jeruk nipis/lemon, biarkan 10 menit. Bilas. Kukus sampai padat dagingnya +- 25 menit. Angkat dinginkan.
2. Goreng asal kecoklatan. Jangan terlalu lama supaya tidak liat/alot dagingnya. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
3. Tumbuk semua bahan balado. Panaskan sedikit minyak, tumis bahan balado. Masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai sampai wangi.
4. Tumis sampai bumbu agak mengering supaya tidak langu. Bumbui garam, dan gula. Aduk aduk sampai gula larut. Koreksi rasanya.
5. Terakhir masukkan tongkol goreng, aduk rata. Masak sebentar kemudian matikan api. Sajikan bersama nasi hangat.



وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ  لَاَزِيْدَنَّـكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ 
عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat."
(QS. Ibrahim: Ayat 7)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Nyam sedapnya mba, apa lagi kalo makan nya pake nasi anget, hehe

So pasti mas. Nasi anget teman paling yahud untuk balado

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon