Nasi Ayam Bumbu Kari

Assalamu'alaykum


Alhamdulillah hari ini masih diberi kesempatan lagi untuk bisa berbagi resep dengan pembaca DapurManis. Entah mengapa akhir akhir ini saya happy. Tepatnya setelah blog saya diperbaiki mas Djangkaru Bumi. Setelah tampilannya oke, pembaca banyak yang berkunjung ke DapurManis (dilihat dari statistik yang langsung naik). Bahkan banyak yang meninggalkan komentar. Dari komentar yang masuk, saya mendapatkan teman teman baru seperti mas Mayuf, mas Himawan Sant, juga Mang Lembu. Yang membuat saya kaget sekaligus senang karena beliau beliau ini bersedia komen di blognya ibu ibu yang isinya full resep baking dan cooking. Asli, heran karena nama nama yang saya sebutkan tadi kebanyakan adalah para blogger yang mengulas tentang blog, aplikasi hp atau tetek bengek yang berhubungan dengan IT. Atau mas Himawan yang hobi travelling. Sedang Mang Lembu membuat saya jadi tau tentang ubi Cilembu (jadi nambah ilmu nih). Duh membuat saya tersanjung dikunjungi para blogger hebat. Saya bilang hebat karena mereka sudah tahunan menjadi blogger dan rajin update. Tidak mudah bertahan menjadi blogger sampai sekian tahun. Saya sudah merasakan sendiri suka dukanya menjadi blogger selama hampir 6 tahun. Mood yang kadang naik turun, atau kesibukan di rumah, jadi kendala yang tidak bisa dihindari. Tak ketinggalan mb Sitti Taslimah dan mb Monica Rampo, komentar setia DapurManis. Selain Rini di Medan yang sampai sekarang belum muncul kembali. Rini, bagaimana kabarmu say ? Kita bertiga, diriku, mb Monic dan mb Sitti rindu padamu nih. Jika membaca postingan ini, please tinggalkan komen ya say. Juga salam rinduku buat mb Mimie Jasmine Kitchen yang sudah migrasi ke IG (mb mimie, diriku belum sepenuhnya pindah ke IG karena masih cinta dengan blogger. Apalagi sudah ngerasain duitnya hahahah.....)

Well, kembali ke resep ya. Menu ini dibuat karena waktu yang terbatas. Ayam yang dimasak bersama nasi dan sayur serta diberi bumbu kari (lirik mb Monica Rampo) sangat cocok bagi keluarga saya. Biar bumbu karinya semakin berkurang gitu hihihi.... Resep sederhana tapi nikmat. Tinggal diberi ketimun, tomat atau kemangi, sangat segar rasanya. Tapi tadi lupa dipoto itu ketimun dkk. Keburu siang dan anak saya mau berangkat sekolah. Jadi njepretnya cepet cepetan aja hihi....


Bahan:
2 sdm minyak goreng
100 g bawang bombay, cincang
1 batang daun bawang, iris tipis
½ ekor ayam, potong kecil-kecil
350 g beras berbutir panjang, cuci hingga bersih
100 g wortel, potong bentuk dadu kecil
100 g jagung manis
1-2 sdt garam
1 sdm bubuk kari
½ sdt lada
600 ml air (jumlah air menyesuaikan jenis beras ya)

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombai dan daun bawang sampai harum. Masukkan potongan ayam, masak sampai ayam berubah warna.

2. Tambahkan beras, aduk rata. Masukkan wortel, jagung manis, garam, bubuk kari, dan lada, aduk sampai rata.

3. Tuangi air dan masak sampai mendidih. Koreksi rasanya. Jika kurang garam, tambahkan secukupnya. Masak sampai nasi habis. Selanjutnya kukus dalam dandang panas sampai matang. Angkat dan sajikan hangat bersama bawang goreng.

Note :
* Jika menggunakannya rice cooker, tuang beras dan semua tumisan ke dalam rice cooker, tambahkan air, dan tekan tombol "cook". Masak sampai nasi matang.


تَبٰـرَكَ الَّذِيْ نَزَّلَ الْـفُرْقَانَ عَلٰى عَبْدِهٖ لِيَكُوْنَ لِلْعٰلَمِيْنَ نَذِيْرَا

"Maha Suci Allah yang telah menurunkan Furqan (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya (Muhammad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (jin dan manusia),"
(QS. Al-Furqan: Ayat 1)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

Udah happy baca paragraf awal, tapi jadi sedih baca namanya Mbak Rini.
Heu heu heu...
Mbak Rini kami sangat merindukanmu.

Eh, tuh kan, jadi lupa mau komen apa karena sambil WA? Hihihi...

Saya malah jarang buka IG, mbak. Keder duluan liat pic keren di IG.

Huhuhu...jadi melow semua kita ya, kalo ingat Rini. Semoga Rini seelalu sehat wal'afiat. Aamiin 😇😇

Hihihi....konsentrasi jadi terpecah 😁

Kalo IG diriku juga rada males. Kuota cepet habis hahahah....lagian kalo gak bisa ngeblog, suka nyesel....

mba Rina itu nasi masakan sampeyan kok kayaknya enak banget ya...

eh btw, mba Rini menghilang nih... duh kemana ya...biasanya rame kalau ada mba Rini juga

ah iya, kok kalau IG tuh daku belum begitu mood ya untuk aktif, rada males

So pasti enak. Tukang sayur kemarin juga kebagian dan bilang enak. Ih seneng deh dengarnya

Iya nih. Kangen ya kita semua sama Rini

Selain itu waktu juga terbatas mb Monic. Gak bisa mantengin sosmed yang kita punya tiap saat kan

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon