Asam Pedas Ikan Tongkol

Assalamu'alaykum


Mau memanfaatkan bumbu Asam Pedas nih kiriman mb Monica. Mumpung belum kadaluarsa makanya dieksekusi hari ini. Seumur umur saya belum pernah makan Asam Pedas. Makanan ini kurang familiar buat saya dan keluarga yang seleranya Jawa habis. Sementara masakan ini berasal dari Kepulauan Riau dan sekitar. Tergolong masakan Melayu gitu. Beda jauh kan ya rasanya. Dalam petunjuk yang tertera pada kemasan, bumbu harusnya dikukus bersama ikan dengan sedikit air. Karena saya ingin kuah banyak, harus ditambah bumbu biar gak cemplang (hambar). Apalagi saya punya cabe merah besar di kulkas, bisa dipakai sekalian. Secara keseluruhan bumbu Asam Pedas ini rasa asamnya sangat kuat. Asam yang dipakai dalam resep diskip supaya tidak asam sekali, kemudian saya menambahkan gula agak banyak supaya rasanya lebih seimbang. Setelah matang ih enak banget. Orang serumah doyan semuaaaa 👍👍👍 alhamdulillah 😇😇😇


Bahan :
2 ekor ikan tongkol (750 gr)
1 buah jeruk nipis
1 buah tomat ukuran sedang, potong 6 masing-masing
2 genggam daun kemangi
10 butir cabai rawit merah utuh
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 lembar daun kunyit, sobek-sobek (gak pakai)
2 batang daun bawang, potong-potong
1/2 sendok teh garam
2-3 sdt gula pasir
1 sendok makan minyak untuk menumis
700 ml air
5 butir asam kandis (skip)
1 bungkus (100 gr) bumbu asam pedas ikan, siap pakai

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit
2 cm jahe
1 sachet terasi
3 bh cabai merah besar
5 buah cabai merah keriting

Cara membuat :
1. Bersihkan ikan tongkol dari isi perut dan insangnya. Potong-potong. Lumuri potongan ikan dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas

2. Tumis daun jeruk, daun salam, daun kunyit dan serai hingga harum dan daun berubah warna lalu masukkan bumbu halus, tumis hingga matang dan bumbu tidak langu

3. Masukkan potongan ikan, aduk rata dan masak hingga berubah warna. Tambahkan air, bumbu siap pakai, asam kandis, cabai rawit dan daun bawang, masak hingga kuah mendidih dan ikan matang

4. Masukkan tomat, gula dan garam, aduk rata, masak hingga tomat mulai lunak, cicipi rasanya. Sesaat sebelum diangkat masukkan daun kemangi.


وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

"Dan terhadap nikmat Tuhanmu, hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)."
(QS. Ad-Duha: Ayat 11)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

Ikan kesukaan saya. Aduh lihat photonya saja saya sudah ngeces duluan.

Ini dia masakan berbahan tongkol yang satu-satunya pinter aku memasaknya 😃 ...

Tapi bukan kuolah bumbu asam pedas,kak... kuolah pakai santan dan sambal hijau ☺

Hahah....bukannya meriah itu picnya ? Merah hijau segala macam mencolok mata, hahahah....

Nah itu santan dan lombok ijo. Pas banget. Dulu ibu saya sering masak tongkol dengan olahan seperti ini.

Sip. Makasih sudah diingatkan dengan resep lama. Kapan kapan mau dieksekusi.

wah baru dipake toh bumbunya... sedap kan ternyata asam pedas itu... kalau aku entah sudah berapa kali masak asam pedas, favorit... beli apalagi..di sini rumah makan padangnya suka juga jualan asam pedas, ada patin dan tongkol, dan favorit tetap si tongkol ini

asam pedas mba Rina ngilerin, itu kuahnya, itu cabe rawit merahnya aih..sedapnye
trus ada juga asam pedas melayu..yang biasanya dicampur nanas

saya suka ikan laut.. termasuk tongkol.. mantep banged nih kayaknya olahannya.. saya biasanya cuman digoreng.. itu aja udah enak.. apalagi klo udah di olah kayak gini.. hmmm...

Enak banget lho ini asam pedas. Makasih lho yaaaaaa....

Wah kalo lagi males masak tinggal lari ke warung Padang dong. Udah dapat makanan enak favorit tuh 😁😁

Belum tau diriku asam pedas pakai nanas. Kapan kapan dicobain ah yang pakai nanas itu

Iya mas. Ikan tongkol digoreng terus cocolin sambel beuuuhhh enak bangetttt....itu saya juga kalo males digoreng doang.

Makasih ya sudah mampir, hehe...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon