Ikan Cuwek Rica-Rica

Assalamu'alaykum



Di musim penghujan seperti sekarang ini, menu makan yang paling pas adalah yang pedas.
Ya. Masakan pedas selalu menggugah selera di saat cuaca dingin. Karena pingin yang pedas, saya mendapat ide bikin rica rica. Rica adalah masakan dari Manado yang artinya "pedas" atau "cabai". Cara membuat rica sangatlah beraneka ragam. Tapi persamaan dari semua itu adalah rasa pedas. Bahan rica bisa menggunakan daging, ayam atau ikan. Karena saya kepingin ikan cuwek, maka saya beli untuk membuat ikan cuwek rica rica. Yang cukup populer adalah ikan tongkol. Silakan diganti sesuai selera ya. Bahannya mudah dan murah meriah kok. Resep yang dibuat ini versi santan ya. Mumpung punya stok santan beku di freezer. Sajikan bersama nasi hangat. Dijamin gagal diet hahahah.....

Bahan:
10 ekor ikan cuwe/pindang keranjang
5 sdm minyak, untuk menumis
6 siung bawang putih, cincang halus
15 lembar daun jeruk
3 batang serai, memarkan
150 ml santan sedang
1 sdm air jeruk nipis
100 g kemangi, petiki daunnya (lupa gak pakai, duh....)

Bumbu, haluskan:
6 buah cabai merah
10 buah cabai keriting merah
15 butir bawang merah
10 buah cabai rawit
5 cm jahe
1 sdt garam
½ sdt gula pasir

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak di atas wajan, goreng ikan cuwek sampai matang. Sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak bersih,  tumis bawang putih hingga harum. Masukkan bumbu, daun jeruk, serai, dan air jeruk nipis, masak kembali hingga bumbu matang.

3. Masukkan santan, aduk rata. Masak hingga santan mendidih. Koreksi rasa. Masukkan cuwek goreng. Tutup wajan, masak hingga santan menyusut.

4. Tambahkan air jeruk dan daun kemangi, aduk sebentar hingga daun kemangi layu. Angkat. Sajikan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

9 komentar

Mba Rina sama mba Monic 11.12 ya selera pedasnya? Saya tidak kuat makan pedas, mba. Tapi ngiler euy liat ini.

Gak kuat banget sih sebenarnya sama pedes. Lebih kepada yang mild rasanya. Tapi kalo gak makan pedes kok gak enak ya hahaha....

Udah nagih. Lagian sedari TK udah doyan pedes. Lebih doyan daripada bapak ibu hihihi....

aih aih... ini sudah kebayang enaknya...mau.. sodorin piring... sekalian nasi juga ya he he he..

iya mba Ima kalau sudah biasa makan pedes jadinya kalo ga makan pedes ada yang kurang gimana gitu ha ha ha

Pedes asem segerrr....karena pake jeruk nipis. Diriku baru sekali ini bikin rica. Ternyata enak. Lain kali pingin bikin lagi pakai bahan yang lain. Pada doyan nih orang rumah

Hahahah...kita berdua emang 11-12 seperti yang dibilang mb Sitti. Gak puas kalo gak pedes hahahah.....

Bagi saya itu sudah kuat, mba.
Tapi memang pedas itu bisa menambah nafsu makan, mba. Cuma itu, saya nggak kuat.

Wow..., dari kecil ternyata udah doyan pedasnya. Saya pas besar baru bisa makan yang agak pedas, mba.

Cocok kan?
11.12.

Kalo kita tinggal bareng-bareng, trus ada giliran masak, bisa brabe nih. Satu lawan dua, hehehe....

Hahahah...emang tanding bola apa hahahah

Sambalnya sepertinya mantap juga

So pasti mas Agoes
Trims tuk kunjungannya

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon