Pia Basah Kacang Merah

Assalamu'alaykum


Ketika belanja di tukang sayur, saya melihat sebungkus kacang merah. Langsung saja disamber tanpa pikir panjang lagi.
Lama sekali saya tidak punya ide untuk olahan kacang merah. Setelah masuk rumah, kacang merah langsung disimpan di kulkas hingga seminggu lamanya. Lupa saya hihihi 😁😁😁 Tanpa sengaja ketika mau ambil sayur, kacang merah ini terlihat oleh saya. Untung deh. Coba kalo tidak, bisa tumbuh tunas dia 😁😁😁 Segera capcus dibuat pasta saja. Pasta ini mau saya buat pia basah. Pasta kacangnya pakai gula palem biar wangi. Selain itu menjadi sedikit gelap warnanya karena aslinya agak pucat. Pakai cara praktis, pia dipanggang di atas teflon. Proses pembuatan sih sama seperti dulu. Setelah matang enak 👍👍👍👍 gak kalah dengan yang isi kacang hijau 😋😋😋

Note :
* Gunakan api sangat kecil supaya kulitnya matang sampai ke dalam. Jangan lupa untuk ditutup supaya bisa matang merata.
* Buat kulitnya setipis yang bisa kita lakukan. Jika berkulit tipis in syaa allah lebih mudah matang.
* Tapi jika menyukai kulit pia yang agak tebal, alangkah baiknya dipanggang dalam oven menggunakan suhu 180'C sampai bawahnya kecoklatan. Balik sekali dan panggang kembali sampai kecoklatan juga.

Bahan isi :
250 gr kacang merah
500 ml air
3 sdm gula palem
3 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk ( atau 2 lbr daun pandan )
¼ sdt garam
2 sdm minyak goreng

Cara membuat :
1. Rebus air sampai mendidih, masukkan kacang merah, matikan api. Biarkan semalam dalam kondisi panci tertutup. Keesokan harinya rebus kacang merah sampai empuk tanpa mengganti airnya. Saring dan buang air rebusannya.

2. Blend kacang merah sampai halus (beri sedikit air supaya blender bisa berputar). Tuang ke dalam wajan. Masukkan gula palem, gula pasir, vanili, dan garam. Masak sampai kering dan kalis. Koreksi rasanya. Jika kurang manis, tambahkan gula. Matikan api.

3. Masukkan minyak goreng, aduk rata. Biarkan dingin. Setelah dingin bagi menjadi 20 bagian dan bulatkan.

Kulit :
250 gr terigu protein sedang
3 sdm gula pasir
1 sdt ( 4gr) ragi/yeast instan
125-150 ml air (penggunaan air tergantung kelembaban tepung)
2 sdm margarin
1/8 sdt garam halus

Cara membuat :
1. Dalam sebuah baskom masukkan terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata. Masukkan air sambil diuleni sampai rata dan lembab. Masukkan margarin dan garam, uleni sampai kalis (tidak lengket ditangan).

2. Fermentasikan adonan di tempat hangat selama 30-45 menit. Siapkan pan datar anti lengket. Biarkan kering tidak perlu dioles minyak/mentega.

4. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 20 bagian. Beri adonan dengan isi kacang merah. Bulatkan kemudian pipihkan. Letakkan di atas pan datar anti lengket. Beri jarak diantaranya karena kue akan sedikit mengembang. Diamkan selama 15 menit.

5. Nyalakan api, panggang dengan api kecil sampai kecoklatan selama 20 menit. Tutup supaya rata matangnya. Balik sekali, panggang kembali sampai kecoklatan. Angkat dan dinginkan.

Hasil : 20 buah


Allah SWT berfirman:

وَلِلّٰهِ يَسْجُدُ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ طَوْعًا وَّكَرْهًا وَّظِلٰلُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالْاٰصَالِ

"Dan semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di bumi, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa, (dan sujud pula) bayang-bayang mereka, pada waktu pagi dan petang hari."
(QS. Ar-Ra'd: Ayat 15)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

mau dunk mba sepiring 😍😍😃😃

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon