Halaman

Rabu, 14 September 2016

Lapis Ubi Ungu

Assalamu'alaykum


Beberapa kali saya beli ubi ungu di tukang sayur tetapi selalu habis duluan setelah dikukus.
Penyebabnya karena ubi ungunya manis, jadi pada doyan. Padahal saya udah kemecer pingin bikin cemilan dari ubi ungu ini. Akhirnya pake siasat, ambil beberapa biji setelah dikukus dan disembunyikan hihi....Dan hasilnya lapis ubi ungu yang cantik. Proses bikinnya sangat mudah seperti kue lapis kukus pada umumnya. Resep diadaptasi dari Sajian Sedap dengan modifikasi. Tekstur yang dihasilkan padat, lengket dan ada sedikit sensasi lumer jika diemut. Setelah dingin dan dipotong, segera diserbu orang rumah, Alhamdulillaah.

Bahan-bahan :
200 gram tepung beras
100 gram tepung tapioka/aci/kanji
1.000 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan
1 sendok teh garam
300 gram ubi ungu kukus
300 gram gula pasir
1/8 sendok teh vanili bubuk
10 tetes pewarna ungu
1/4 sendok teh cokelat pasta 

Cara membuat :
1. Didihkan santan, daun pandan, dan garam. Diamkan hingga hangat. Tambahkan ubi kukus. Masukkan ke dalam blender, proses sampai lembut.
2. Aduk tepung beras, tepung tapioka, gula pasir, dan vanili. Tuang campuran santan dan ubi sedikit-sedikit sambil diaduk rata.
3. Ambil 1/3 bagian. Tambahkan cokelat pasta. Aduk rata. Sisanya tambahkan pewarna ungu. Aduk rata.
4. Panaskan kukusan dan siapkan loyang ukuran 20x20x6cm, alasi plastik semua bagiannya dan olesi minyak.
5. Tuang 200 ml adonan ungu ke dalam loyang, ratakan. Kukus 8 menit dengan api sedang sampai keras. Tuang 100 ml adonan cokelat. Kukus selama 5 menit.
6. Ulangi melapis sampai adonan habis. Lapisan terakhir dikukus 20 menit sampai matang. Setelah itu buka kukusan dan lanjutkan mengukus selama 10 menit (kondisi kukusan terbuka), agar permukaannya kering. Ini juga bertujuan supaya kue tidak mudah basi.
7. Keluarkan dari kukusan dan dinginkan. Lepaskan lapis ubi ungu dari loyang dan plastiknya, potong menggunakan benang jahit supaya rapi.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Apa kabar ? Lama nggak kelihatan mb tian? yuk bikin yuk...

      Hapus
  2. Mauu coba ahhh...paling suka dg yg namanya lapis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mb ikkaaaaa.....apa kabar ? Duh lama nian gak ketemu kita ya...peluuuukkk....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.