Halaman

Sabtu, 24 Oktober 2015

Oseng Daun Singkong Tabur Teri

Assalamualaykum


Sudah sering saya masak oseng daun singkong ini. Ketika periksa di blog apakah sudah didokumentasikan, ternyata malah belum ada resepnya.
Akhirnya kemarin bikin lagi deh. Selain itu sudah lama saya nggak masak daun singkong dioseng gini. Resep ini cukup simpel. Seperti biasa pake tempe favorit orang rumah. Bumbu penyedap yang dipake adalah ebi dan rebon. Biasanya saya pake salah satu saja, ebi atau rebon saja. Tapi kali ini pake keduanya karena ingin lebih gurih. Dan perkiraan saya benar. Meski ebi dan rebon mempunyai rasa gurih yang berbeda, ketika mereka bertemu dalam satu wajan, bisa saling mendukung untuk mendongkrak cita rasa masakan. Sip deh..


Bahan :
2 ikat daun singkong
250 gr tempe
1 sdm rebon
8 bh cabe merah keriting, iris serong tipis
1-2 sdm kecap manis
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air
1 sdm saus tiram
50 gr teri medan, goreng matang

Bumbu tumbuk
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt ebi, rendam air panas sampai lunak, tiriskan

Cara membuat :

  1. Rebus daun singkong sampai empuk. Peras, tiriskan. potong dadu tempe kemudian goreng sampai matang. angkat, tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bumbu halus sampai wangi. Masukkan rebon dan cabe merah keriting, aduk-aduk sampai cabe layu.
  3. Masukkan tempe, kecap, garam dan gula. Tuangi air dan masak sampai mendidih. 
  4. Setelah airnya menyusut karena diserap tempe, masukkan daun singkong dan saus tiram. aduk sampai rata. Koreksi rasanya. Jika air dirasa mengering sementara bumbu belum meresap, tambahkan sedikit air lagi. Setelah air mengering, angkat. Sajikan dengan taburan teri goreng.


5 komentar:

  1. dulu nggak pernah kepikiran makan daun singkong,sejak di batam dan di Siak,sering makan ini..apalagi kalau udah datang ke rumah nenek (almrh ibu kos orang medan),apa aja di masak pake teri hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ya daun singkongnya. Dulu waktu di Solo, sering tuh numis daun singkong. Apalagi di depan rumah ada kebon kosong yang ditanami singkong oleh alm bapak. Kalo pingin ngerebus singkong atau masak daunnya kapan aja, ayo-ayo deh hihi....

      Hapus
  2. wah enak banget nih daun singkong dimasak begini...ada ebi, rebon tambah teri pulak
    makan oseng begini dengan nasi hangat sudah cukup ya mba...nikmat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. super duper nikmat deh pokoknya hihi...

      Hapus
  3. Saya pernah makan kue sengkulun ini mbak, rasanya manis gurih dan teksturnya kenyal lembut (apalagi pas anget anget) tapi kok di blog mbak bilang kaya sandal jepit ya?kira kira salahnya dimana ya?hehe

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.