Laman

Minggu, 23 Agustus 2015

Oseng Tahu Sumedang

Assalamualaykum


Menu makan siang di rumah saya yang paling sering dimasak adalah oseng-oseng hihi....Nggak bosen ya makan oseng oseng ?
Alhamdulillah jarang bosen. Saya kalo seminggu nggak masak oseng gini suka ditanyain sama bapaknya anak-anak. Bapaknya anak-anak suka request pake toge kedele, karena itu favoritnya. Tahu juga begitu. Makanan favoritnya. Mumpung di tukang sayur ada tahu sumedang, langsung ambil aja. Tahu sumedang ini kalo di Jawa bisa pake tahu pong karena tekstur tahu sumedang adalah berongga. Sengaja pake tahu sumedang biar bumbu bisa meresap ke dalamnya. Kalo masak oseng semua orang pasti bisa. Ini masakan cemen maaaahhh....gampil cuma cemplang cemplung dan hampir semua sayur bisa dipake.

Bahan :
20 buah tahu sumedang
2 batang wortel, iris serong
150 gr buncis, potong 2 cm
50 gr jagung bayi/putren/janten
50 gr toge kedele
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
200 ml air

Bumbu iris :
8 bh bawang merah
5 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting
4 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
  1. Potong-potong tahu sumedang jadi 6-8 bagian, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu iris sampai wangi. Masukkan tahu, kecap manis, saus tiram dan 100 ml air, aduk rata dan biarkan air mengering.
  3. Menyusul wortel, buncis dan jagung bayi. Bumbui garam, gula dan merica bubuk. Tuangkan sisa air. Masak sampai sayur agak empuk dan air menyusut. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk atau penyedap rasa, boleh ditambahakan.
  4. Terakhir masukkan toge kedelai, aduk rata. Matikan api. Sajikan oseng tahu bersama nasi hangat.
Note :
* jika menyukai sayur yang empuk dan lembut, masukkan sayur terlebih dahulu setelah menumis bumbu, dan masak sampai empuk. Jika sudah empuk barulah tahu dimasukkan. Jika tahu masuk dulu dan sayurnya belakangan, air yang digunakan untuk mengempukkan sayur akan keburu habis diserap oleh tahu.


4 komentar:

  1. menu oseng itu paling praktis dan endeus ya mbak,q juga suka ngoseng,plus sambel tomat,gitu aja udah nambah2 lo makannya hahahaha....di Siak g nemu toge kedele yang pnjang itu,kangen juga jadnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pagi amat bu gulu yang komen di sini. Gampil sih ya masak oseng, cepet dan nggak ribet.

      Hapus
  2. Platingnya apiiiik tenan mba...
    bersih... bening....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya ? Makasih ya. Biasanya emang rada asal-asalan ya, semau gue hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.