Laman

Rabu, 12 Agustus 2015

Opor Ayam Campur

Assalamualaykum


Opor ayam ini dibuat dalam rangka menghabiskan sisa ayam di freezer. Agak bingung sebenarnya mau eksekusi ayam ini biar segera habis.
Untunglan di fb Bunda Estherlita sharing masakan opor ayam campur. Isinya bisa ayam, tahu, buncis, kentang, wortel atau yang lain. Alhamdulillah dapat ide resep dari Bunda. Langsung saja kemarin masak opor ayam dengan tambahan tahu dan buncis. Apalagi di rumah pada demen juga sama opor. Bumbunya sama seperti dulu ya, standar gitu. Ayamnya juga digoreng dulu sebelum dimasak supaya nggak mudah hancur. Tuk Bunda Estherlita, makasih atas idenya ya bun...


Bahan :
1/2 ekor ayam dipotong-potong
10 bh tahu goreng segitiga
150 gr buncis, siangi, potong 2 cm
2 cm kayumanis
2 butir cengkih
1 batang serai, memarkan
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir/gula merah
1/2 sdt merica bubuk
750 ml santan dari 1/2 butir kelapa
bawang goreng untuk taburan

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
2 cm kunyit
8 bh bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri 

Cara membuat :

  1. Goreng ayam asal berkulit, angkat dan tiriskan.
  2. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis kayumanis, cengkih, daun salam, daun jeruk dan lengkuas sampai wangi. Menyusul bumbu halus, aduk-aduk sampai agak kering.
  3. Masukkan ayam, tahu goreng, garam, gula, merica dan santan. Didihkan. Masak sampai bumbu meresap dan kuah agak menyusut.
  4. Setelah ayam empuk masukkan buncis kemudian koreksi rasanya. Masak sebentar lalu matikan apinya. Siap disajikan dengan taburan bawang goreng.


2 komentar:

  1. menu2 kayak gini paling simpel,g usah bikin sayur lgi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tul bu guru. Kalo suka bisa dimakan pake lalap kayak eike

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.