Laman

Senin, 20 April 2015

Semur Kering Kentang Ati Ampela

Assalamualaykum


Semur ini dibuat hari Sabtu yang lalu atas permintaan suami dan anak-anak. Padahal si emak lagi nggak selera makan yang manis-manis.
Tapi nggak apa deh. Demi rasa cinta kepada keluarga (haalaaahh) tetep dibikin juga. Bahannya juga sesuai permintaan mereka yaitu ati ampela dan kentang. Dalam membuat semur saya biasa pake bumbu suka-suka. Kadang pake bumbu lengkap tapi sering juga seadanya. Rasanya juga berubah-ubah karena tergantung bumbu yang dipake. Tapi yang paling penting, kecap manis nggak boleh absen ! Karena kecap manis adalah bumbu utamanya. Kalo nggak pake kecap ntar bisa ganti nama jadi oseng-oseng deh hehe...iya kan. Oseng kan bisa pake kecap manis atau nggak. Ini kok malah ngelantur sih hihi... Biar nggak panjang lebar langsung liat resep aja ya.

Bahan :
4 pasang ati ampela ayam
4 butir kentang, potong wedges
2 butir cengkih
3 cm kayumanis
1 kuntum bunga lawang
1 butir tomat merah, potong dadu
5 sdm kecap manis
3/4 sdt garam
2 sdt gula merah/gula pasir
1/4 sdt merica bubuk
250 ml air
1/2 butir bawang bombay, iris memanjang

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/8 butir biji pala

Cara membuat :
  1. Cuci ati ampela sampai bersih kemudian rebus sampai empuk. Angkat, tiriskan. Cuci bersih kentang kemudian goreng sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis cengkih, kayumanis dan bunga lawang sampai wangi  Masukkan bumbu halus dan tomat, aduk sampai bumbu matang dan agak kering.
  3. Masukkan ati ampela, kecap manis dan air. Bumbui garam dan gula pasir serta merica bubuk. Masak sampai meresap dan air sedikit menyusut.
  4. Menyusul kentang goreng dan masak sampai air mengering dan kental. Jika dirasa terlalu kering, tambahkan air panas dan lanjutkan memasak sampai kuahnya kental. Terakhir masukkan bawang bombay, aduk rata dan matikan api.

4 komentar:

  1. Contek lg ahh..kbetulan lg gada ide buat masaak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi ne udh dicoba buat menu sarapan..uenaakk..dan suka bgt resep2 mskan mba rina yg detail garam ma gulanya,rasanya pass cocok bgt..makasih ya mbaa

      Hapus
    2. jadi tersanjung nih baca komennya. Semoga bisa jadi salah satu resep favorit ya mbak

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.