Laman

Selasa, 16 September 2014

Sambel Goreng Kentang Dan Kacang Hijau

Assalamualaykum


Punya stok kentang setengah kilo di dapur dan niat dihabisin karena mulai kurang segar. Ketika dipencet terasa agak empuk, tidak keras lagi.
Selain itu ada stok cabe merah dan santan di kulkas. Dimasak sambel goreng aja yang pasti laris manis di rumah. Kali ini kentangnya ditemani kacang ijo biar beda. Biasanya kacang ijo diolah yang manis sekarang saya masak yang gurih saja. Dicemplungin bareng dengan kentang untuk dimasak sambal goreng ternyata enak dan pas lho.

Bahan :
75 gr kacang hijau
500 gr kentang
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas
2 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
400 ml santan encer
200 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
Garam, gula dan merica secukupnya
Bumbu tumbuk :
1 sdm ebi, rendam air panas sampai empuk
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting
3 butir kemiri
Cara membuat :
  1. Rebus 300 ml air sampai mendidih. Masukkan kacang hijau dan matikan apinya  Biarkan selama semalam dalam kondisi tertutup. Keesokan harinya rebus kacang hijau tanpa mengganti air sampai agak pecah. Angkat dan tiriskan.
  2. Kupas kentang kemudian potong dadu. Goreng sampai matang dan sedikit kering. Sisihkan..  
  3.  Tumis bumbu tumbuk sampai wangi, menyusul daun salam, lengkuas, daun jeruk dan serai aduk-aduk sampai agak kering dan matang. 
  4.  Masukan kacang hijau dan kentang goreng. Beri garam, gula dan merica.  
  5.  Tuangi santan encer dan biarkan mendidih. Koreksi rasanya. Setelah santan meresap, masukkan santan kental dan didihkan sekali lagi.


4 komentar:

  1. Uwaaaa enaknyaa..blm pernh masak kcg ijo bt sayur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh enak ternyata. Nggak kalah sama kacang tholo. Cobain deh.

      Hapus
  2. Makasih resepnya mbak Rina, pas bgt kbtln ada stok kentang (udah digoreng mw bikin perkedel tp males hehe) juga ada kacang hijau rebus. Dicoba ah...
    Canna

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mb Canna semoga cocok dengan resepnya ya

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.