Halaman

Jumat, 18 April 2014

Semur Ati Ampela Pedas

Assalamualaykum


Masakan kali ini atas permintaan orang rumah karena sudah lama saya nggak masak ati ampela.

Ati ampela bukan makanan favorit saya karena gimana gitu. Kalo dimakan, kata alm bapak, seperti makan lempung (tanah liat), hihi....agak-agak mawur (beremah). Sedang dari kalorinya, ini dia yang bikin saya serem. Bikin kolesterol dan asam urat naik. Yang paling doyan adalah bapaknya anak-anak. Tapi setelah setahun yang lalu kolesterolnya agak tinggi saya sangat membatasi jerohan termasuk ati ampela ini (padahal saya jarang masak jerohan lho). Dan kali ini saya lagi baik hati beli ati ampela di tukang sayur sebanyak 6 pasang. Butuh mikir mau dibuat apa si ati ampela ini. Karena di rumah seneng masakan yang cenderung manis akhirnya saya bikin semur aja tapi sedikit pedas biar seger makannya. Dan bener saja begitu diangkat dari wajan bapaknya anak-anak langsung ambil nasi dan makan dengan lauk ini. Bumbu semur kali ini saya iris saja untuk duo bawangnya. Tapi jika suka, dihaluskan boleh juga kok. Supaya enak semur ini saya beri santan dan diinapkan semalam supaya meresap bumbunya.

Bahan :
6 pasang ati ampela
5 butir bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
2 bh cabe merah besar, potong bulat-bulat
2 kuntum cengkih
2 cm kayumanis
1/4 sdt pala parut/bubuk
300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
4 sdm kecap manis
1 butir tomat merah ukuran kecil, potong kasar
gula, garam, merica secukupnya

Cara membuat :
  1. Rebus ati ampela sampai empuk. Air rebusan pertama biasanya saya buang setelah mendidih, kemudian saya ganti air bersih dan di rebus kembali sampai empuk. Sisihkan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan cabe merah, cengkih, kayumanis dan pala parut. 
  3. Menyusul ati ampela, kecap manis dan santan. Beri garam, gula dan merica. Masak sampai mendidih dan santan menyusut. Cicip rasanya. Terakhir masukkan tomat, masak sebentar dan matikan api.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.