Laman

Rabu, 10 Oktober 2012

SUP MAKARONI

Assalamualaykum




Sudah lama saya nggak bikin sup. Mumpung cuaca lagi nggak menentu, kadang panas tapi tiba-tiba mendung gelap, saya memutuskan bikin sup saja. Sebenarnya ini request orang rumah yang pingin makan sup.
Setelah buka kulkas, kebetulan ada sosis, bakso dan makaroni. Tapi baksonya tinggal 3 biji, habisin aja semua. Diiris bulat-bulat biar keliatan banyak, hehe...Sayur sup ini menurut saya kok luwes ya, dinikmati saat cuaca panas terasa segar, apalagi kalo pas cuaca bbbrrrr....dingin banget, juga cocok. Dipanaskan kuahnya sampai mendidih, tuang ke dalam mangkok dan siap dinikmati, slruuuuppphhh....Untuk isinya saya hanya memakai makaroni, bakso, sosis ayam, wortel dan buncis. Dan dari semua bahan yang ada, ternyata stok makaroninya paling banyak dan dominan. Jadi ya dikasih judul Sup Makaroni aja, hahaha.....





Bahan :
 125 gr makaroni
3 bh wortel, iris bulat
8 batang buncis, potong 1 cm
3 bh bakso sapi, iris bulat
5 bh sosis ayam,iris bulat
750 ml kaldu ayam
1/2 bh bawang bombay, iris memanjang
1/4 butir biji pala
2 batang daun bawang, potong-potong
garam, gula dan merica secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus 400 ml air sampai mendidih, beri sedikit garam. Masukkan makaroni, rebus sampai matang. Tiriskan, sisihkan.
2. Didihkan kaldu ayam. Setelah mendidih, tumis bawang bombay sampai layu, masukkan ke dalam kaldu mendidih. Beri pala, garam, gula dan merica.
3. Masukkan wortel, buncis, bakso dan sosis, rebus sampai sayurnya matang (tingkat kematangan sesuai selera ya).
4. Cicipi rasanya. Setelah pas, masukkan makaroni dan matikan api. Terakhir masukkan daun bawang. Sajikan hangat.





2 komentar:

  1. udah lama nggak makan sosis, di sini agak ragu dengan halalnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya ? Mending nggak usah pake sosis deh.

      Diganti ayam atau daging sapi aja....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.