Brambang Asem

Assalamualaykum


Setelah 7 tahun lebih meninggalkan Solo dan menetap di Ciledug saya kehilangan salah satu makanan favorit. Brambang asem !
Brambang, dalam bahasa Jawa artinya bawang merah. sedang asem ya asam jawa itu yang coklat kehitaman warnanya. Salah satu makanan kampung yang sekarang sudah langka keberadaannya. Jaman saya kecil dulu jika ada warung makan biasanya penjualnya menyediakan menu brambang asem ini.. Mungkin karena lahan untuk menanam ubi sudah sempit sehingga agak sulit menemukan daun ubi. Ya, bahan utama brambang asem adalah daun ubi jalar alias jlegor dalam bahasa Jawa. Makanan ini sangatlah sederhana, hanya daun ubi yang dikukus/direbus kemudian disiram sambel gula merah yang asem pedes. Sebagai pelengkap kadang disediakan tempe gembus bacem. Tapi saya nggak bikin gembus bacem karena nggak ketemu tempe gembus. Kebetulan kemarin tukang sayur bawa daun ubi, langsung aja saya samber karena sudah ngidam brambang asem cukup lama. Cemilan ini (cemilan ???) sangat pas dinikmati kala siang hari. Seger gitu.

Bahan utama :
2 ikat daun ubi jalar

Sambel :
3 butir bawang merah
4 bh cabe merah keriting
1/4 sdt garam
1 sdt asam jawa
50 gr gula merah
3-4 sdm air

Cara membuat :
  1. Siangi daun ubi kemudian dicuci bersih. Siapkan juga air es dalam baskom untuk merendam daun ubi kukus. Kukus daun ubi sampai layu 5-7 menit. Jangan overcook supaya tidak lembek dan menghitam warnanya. Segera angkat dan rendam dalam air es sampai dingin. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Sambel : uleg/haluskan bawang merah, cabe, garam dan asam jawa sampai hancur. Uleg kasar saja tidak perlu halus sekali. Masukkan gula merah dan uleg kembali sampai liat dan pekat. Tambahkan air, aduk rata. Bentuk akhir sambelnya kental ya. Jika terlalu liat tambahkan lagi airnya sedikit. Koreksi rasanya, harus terasa manis asam pedas.
  3. Penyajian, letakkan daun ubi di atas piring secukupnya kemudian siram dengan sambel.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

5 komentar

Mba Rina,
saya sudah coba resep brambang asemnya, hanya tidak ada daun ubi jalar mba,,,jadinya pakai kangkung n tauge aja
tapi enak mba...segar, manis asem dan pedas...
makasih resepnya ya mba....saya izin copas resepnya di blog saya ya mba..sudah sebutin sumber n link back ke dapur manis...

iya katanya pake kangkung enak juga cuma belum pernah nyobain sih. Ditambah toge pasti lebih seger nih jadinya..

mbak Rina.. fotonya itu pakai daun ubi jalar? seperti bayam ya... kalau pakai bayam enak juga ga ya...

itu pake daun ubi jalar bukan bayam hehe....warnanya bisa hijau karena direndam air es. Kalo gak ada daun ubi ganti kangkung aja yang teksturnya mendekati. Daun ubi ini teksturnya agak renyah jika tidak overcook. Met bikin ya

Enak mba pake kangkung atau bayam rebus...soalnya saya suka bikin hehe...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon