Pages

Tuesday, March 26, 2013

Bubur Mutiara Kelapa

Assalamualykum


Bubur ini sudah dibuat kemarin. Sudah lama nggak bikin bubur ini. Asli kangen banget. Sebenarnya niat hati ingin menghabiskan stok pacar cina yang tinggal 50 gr.
Kalo dibuat bubur kan kurang banget, jadi ditambah sagu mutiara supaya lebih banyak. Sewaktu bikin kemarin ada sedikit kecelakaan, buburnya ketumpahan kelapa parut sedikit. Setelah matang dan diincip, lha kok enak. Tambah sedap rasanya. Bubur yang lembut dengan sensasi krenyes krenyes dan gurih kelapa parut muda. Waaaahhh...nggak disangka menghasilkan rasa baru. Tapi kemarin hanya ketumpahan sedikit, hanya 1 sendok makan. Insya Allah kalo bikin lagi mau ditambahi ah kelapa parutnya biar lebih enak. Biarpun tanpa sengaja, di bawah nanti saya tulis juga ya kelapa parutnya.

Untuk fotonya sengaja diambil dari atas. Selama bikin blog, belum pernah motret dari atas. Apalagi mb Mimie akhir akhir ini motret dengan gaya begitu, jadi pingin, hehe....

Bahan :
50 gr pacar cina
100 gr sagu mutiara
500 ml air hangat
400 ml air
75-100 gr gula pasir
1/4 sdt garam
2 lbr daun pandan (1/2 sdt vanili bubuk)
1 sdm munjung kelapa agak muda, diparut

Kuah santan (rebus jadi satu) :
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
1/2 sdt garam
2 lbr daun pandan

Cara membuat :
1. Rendam pacar cina dan sagu mutiara dalam air hangat selama 1 jam sampai mengembang. Tiriskan.
2. Rebus 400 ml air, gula pasir, garam dan daun pandan sampai mendidih. Cek rasa manisnya. Setelah pas masukkan pacar cina dan sagu mutiara sambil diaduk menggunakan sendok kayu. Aduk sampai ke dasar panci supaya tidak berkerak. Masukkan kelapa parut.
3. Setelah mutiara berwarna bening, angkat dan biarkan dingin. Sajikan bersama santan.


8 comments:

  1. kecelakaan yang indah mba, nambah enak rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mb analisa. Orang rumah udah pada order lagi nih, hehe...

      Delete
  2. pacar cina opo mb rina ???
    mungkin beda nama ya .....
    fotonya cakepppp....... kyk yg motret... #minta bubur semangkok...:P

    ReplyDelete
    Replies
    1. pacar cina itu yang bentuknya panjang kecil kecil. Kadang dipakai untuk kolak atau es campur. teksturnya sih menurutku sama dengan sagu mutiara, hanya beda bentuk.

      Picnya belum canggih mb mimie. Masih kalah sama mb mimie.
      Pinginnya sih yang cetar gitu, hehehe....

      Delete
  3. aiih...pic nya ener2 menawan Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih um. Tapi lama lama kalo diliat kok terlalu cetar ya alias nusuk mata, hahahaaaa....

      Delete
  4. mauuuu.... Tapi dikasih es batu yaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mb Lina pake es batu, slruuuphh....aahhh.....

      Delete