Eggless Shortbread Brownies

Assalamu'alaykum


Late Post
Tiga atau empat hari yang lalu saya iseng hendak mencari resep brownies di blog ini. Saya mencari Shortbread Brownies yang pernah saya posting. Kok gak nemu ya. Berhari-hari saya cari, keluar masuk blogger, jangan-jangan masih tersimpan di dalam draft. Ternyata gak ada. Ketika saya mencari via google, resep ini muncul di IG. Saat itu saya saya belum sadar jika resep ini sudah tayang di IG, tapi belum masuk blog. Tetep saja kekeuh mencari di blogger. Sampai bingung, kenapa di blog gak ada, tapi bisa muncul di IG ? Saking bingungnya saya sampai kirim wa ke mbak Monica Rampo. Saya bertanya, postinganku di blog kok bisa hilang ya ? Setelah WA beberapa lama, akhirnya saya berkesimpulan bahwa saya memang belum posting resep ini di blog, hihihi.... Bikin sebel ya. Panik dan bingung sampai segitunya, ternyata resepnya memang belum diposting. Penyebabnya adalah, waktu itu saya keblokir tidak bisa masuk blogger di bulan April. Tapi saya masih membuat beberapa resep dan diposting di IG supaya tidak hilang. Setelah bisa masuk blogger kembali, saya lupa dengan resep ini yang belum diposting di blog (faktor U ini pasti penyebabnya). Dan akibatnya seperti yang saya ceritakan di atas. Saya kebingungan setengah mati. Tapi sekarang, huffffttt lega rasanya setelah tau dan yakin jika resep saya tidak hilang dan masih ada di IG. Dan hari ini saya berniat mendokumentasikan resep yang belum tayang di blog. Mbak Monic lah yang meyakinkan saya bahwa resep ini memang belum dimuat di blog.  Alesannya, mb Monic belum pernah melihat di blog dan meninggalkan komen di postingan tersebut. To mb Monic, makasih ya sudah mau meladeni WA ku kemarin itu. Hug hug. Udah enteng sekarang perasaanku hihihi.....

--------------------------------------------------------

Resep lama yang sudah tertunda sekian tahun untuk mengeksekusinya. Cara pembuatan yang simpel sangatlah saya sukai. Tanpa alat yang aneh-aneh atau bahan yang sulit saya dapatkan. Shortbread adalah adonan kukis sederhana yang terdiri dari gula, mentega dan tepung. Asal muasal shortbread dari Scotlandia ya. Tekstur shortbread tuh crumbly alias beremah (orang Jawa bilang ngeprul. Renyah dan ringkih teksturnya. Mudah hancur gitu). Dan biasanya bertipe manis. Untuk mendapatkan tekstur crumbly, adonan cukup di-rub, yaitu diremas-remas menggunakan ujung jari. Ringan-ringan saja, sampai terbentuk adonan seperti pasir. Jika punya pastry blender boleh tuh digunakan. Atau menggunakan 2 buah pisau. Ya pisau dapur biasa. Gerakkan pisau seperti memotong-motong (menyilang gitu ya) sampai adonan jadi berbutir seperti pasir. Jaman dulu, shortbread hanya menggunakan 3 bahan saja untuk membuatnya seperti yang saya tulis di atas. Yaitu, lemak, gula dan tepung. Sekarang bisa divariasi sesuai selera. Misal diberi tambahan keju, almond atau buah kering seperti orange peel. Kismis atau kurma juga cocok sepertinya.

Sedangkan Shortbread Brownies adalah dessert gabungan antara kukis dan brownies. Lapisan bawah berupa adonan kukis dan lapisan atas adalah adonan brownies. Resep di bawah ini hasil kreasi saya yang dimodif tanpa telur. Saya lagi malas keluar rumah untuk beli telur, jadi adonannya dibuat aja yang tanpa telur. Mudah dan murah kok. Gak bikin kantong jebol. Gunakan coklat bubuk kualitas bagus untuk mendapatkan hasil maksimal.

Eggless Shortbread Brownies

Bahan lapisan bawah :
113 gr mentega dingin
50 gr gula pasir
140 gr terigu serbaguna

Bahan lapisan brownies :
100 gr mentega tawar
125 ml minyak goreng
50 gr coklat bubuk kualitas bagus
200 gr gula pasir
¼ sdt garam
150 ml air panas
200 gr terigu
½ sdt soda kue
1 sdt baking powder

Taburan : coklat meises, kacang kenari dan wijen putih

Cara membuat :
1. Siapkan loyang persegi ukuran 22x22x4cm. Alasi kertas roti dengan melebihkan bagian sisinya. Olesi minyak semua bagian. Panaskan oven suhu 180'C. Sisihkan.

2. Lapisan bawah : campur mentega dingin, gula dan terigu jadi satu. Rub menggunakan ujung jari-jari tangan hingga berbutir seperti pasir. Tuang ke dalam loyang, padatkan. Panggang setengah matang, selama 8 menit. Keluarkan dari oven, sisihkan. Sekarang kita buat lapisan brownies.

3. Lapisan brownies : lelehkan mentega, matikan api, tambahkan minyak goreng. Sisihkan sampai hangat.

4. Dalam wadah besar campur coklat bubuk, gula pasir dan garam. Tuangi air panas, aduk sampai rata dan coklat jadi larut. Masukkan campuran mentega leleh dan minyak. Adonan akan sedikit turun suhunya.

Note : * Menuangkan air panas pada coklat bubuk bertujuan untuk mengeluarkan aroma coklatnya. 

5. Ayakkan ke atas adonan coklat tadi terigu, soda kue dan baking powder. Aduk menggunakan sendok kayu hingga rata. Adonan akhir kental, sedikit liat dan agak pekat.

6. Segera tuangkan adonan brownies di atas lapisan bawah tadi. Ratakan, beri taburan. Panggang dalam oven sampai matang selama +- 35-40 menit.

Seperti pada umumnya brownies, dessert satu ini paling nikmat jika sudah menginap. Lebih moist dan blend rasanya. Nyammmm.....


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Sekarang lega ya mba... Tuh efek lupa jadinya malah panjang intronya.. Ha ha ha tapi jadi tambahan bahan buat dibaca neh..
Nah kayaknya enak nih bronis.. Kapan2 nyontek ya kalau ga males mau bikin juga he he

@mb monica
Alhamdulillah, lega rasanya. Melebihi menemukan berlian rasanya hahahah...(padahal ga punya berlian sama sekali).
Penyakit lupa ini memang nyebeli. Bikin ga bisa tidur. Mikiriiiiiinnn terus. Begitu sudah ketemu dan ingat penyebabnya, langsung deh ketawa ketiwi menertawakan diri sendiri hahahah

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon