Yuk Bikin Nasi Goreng Dengan Memanfaatkan Sisa Sayur Sup

Tags

Assalamu'alaykum


Alhamdulillah masih diberi karunia kesehatan sehingga saya masih bisa menulis resep baru di DapurManis. Terimakasih tuk doanya ya teman-teman. Hari ini saya mau posting resep Nasi Goreng karena mau memanfaatkan sisa sayur sup di rumah. Sering sekali saya merasa berlebih jika masak sup. Tidak jarang malah dibuang karena tidak punya ide untuk daur ulang. Kali ini saya berpikir untuk dibuat nasi goreng saja karena melihat isian sup yang luwes untuk didaur ulang. Saya terbiasa memisahkan isian sup dan kuahnya sebelum tidur malam. Isian sup dimasukkan kulkas sedang kuahnya yang tinggal sedikit dibuang. Keesokan hari, baru tuh dibuat nasi goreng. Apalagi sudah lama saya gak bikin nasi goreng, jadi cocok untuk mengobati rasa rindu akan nasgor. Setelah matang, beneran deh enak. Penghuni rumah doyan banget dengan nasgor hasil daur ulang ini. Jadi sekarang kita gak perlu mati gaya kan memanfaatkan sisa sayur sup hihihi..... Resep nasgor boleh kok pakai resep andalan masing masing yang disukai. Saya hanya berbagi ide, siapa tau pernah mengalami hal yang sama dengan saya. Biasa kan yes, ibu-ibu kan penyayang makanan di rumah, jadi sayang kalo harus membuang sisa sayur hihihi.... Sebelum ngoceh gak karuan, ada baiknya ceki ceki resepnya. Yuuuukkkkk.....


Bahan :
3 piring nasi dingin
½ sdt garam halus
½ sdt gula pasir
3 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
4 siung bawang merah, iris tipis
1 sdt kecap ikan
1 mangkuk (200 gr) isian sup, pisahkan kuahnya (saya pakai isian wortel, kol, buncis, makaroni spiral dan bakso)
2 butir telur, dibuat orak arik

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1 sdt ebi
3 butir kemiri

Cara membuat :
1. Campur dalam baskom nasi, garam, gula dan kecap manis. Aduk rata, sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak tumis bawang merah sampai agak kering. Menyusul bumbu halus dan kecap ikan. Aduk aduk sampai bumbu matang.

3. Masukkan isian sup, masak sampai panas. Menyusul nasi berbumbu, dan saus tiram, aduk sampai rata. Besarkan api, aduk cepat supaya nasi tidak hangus. Ini akan membuat aroma nasi goreng menjadi sedap. Aduk aduk sampai nasi sedikit kering.

4. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk silakan ditambah. Setelah pas rasanya, masukkan telur orak arik. Aduk sebentar asal rata kemudian matikan api. Sajikan hangat.

Note :
* Jika nasi goreng dirasa terlalu minimalis isinya, boleh ditambahkan sosis, bakso, ayam, udang, kacang polong atau bahan lainnya sesuai selera.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

mba aku komen rapelan lagi ya... ha ha ha
tanda kalau sudah tak baca

btw sekali mampir ke dapur manis yang dilihat ini dulu... duh jam 10 lihat nasi gorengmu mba, laperrr...

@mb Monica
Ini sih mau ngerjain diriku disuruh jawab segambreng hahahah...
Ayo makan duyu biar gak limbung ngejar-ngejar bayi aktif di rumah hihihi.... Semoga sehat selalu ya

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon