Puding Lumut Biskuit

Tags


Assalamu'alaykum

Beberapa hari terakhir ini Ciledug sangat panas membara. Orang di rumah tidak berselera untuk makan. Maunya ngemil dan minum minuman dingin. Langsung cek bahan, siapa tau punya agar bubuk untuk bahan cemilan. Eh bener. Masih ada 2 pack. Ada roti marie pulak. Siplah. Sudah lama emak punya angan-angan bikin puding lumut lagi dengan variasi biskuit. Udah gitu punya stok coklat bubuk 1 kg. Iya gak salah baca. 1 kg ! Mau buat apaan itu coklat sebanyak gaban ?? Gak tau. Yang penting punya bahan duyu ntar mau dibuat apa, mikir belakangan. Ketauan kemaruk nih, hihihi.... Iyess saya suka kemaruk jika bebelian bahan baking. Padahal sudah niat ngurangi cemilan manis-manis tapi berakhir niat doang hahahah....apalagi saya masih suka eksplore atau memodif resep dan masih doyan ngeblog (kalo yang terakhir jangan mudah percaya karena updatenya kadang senin kemis 🙈🙈🙈 tergantung niat dan besar kecilnya porsi malas yang dimiliki hihihi). Nah karena berbekal bahan-bahan di atas mari kita bikin puding yuk. Resep mengacu pada resep dulu ya tapi udah dimodif. Cuma sayang, saya agak terburu-buru membuat lapisannya. Kurang sabar. Akibatnya lapisan coklat ambles ke bawah karena lapisan bawah belum kokoh. Di foto kelihatan kan lapisan coklat nongol di permukaan puding setelah dibalik.


Bahan :
20 keping biskuit marie
10 lembar daun suji
10 lembar daun pandan
200 ml air
1 pack (7 gr) agar-agar bubuk warna putih
120 gr gula pasir
⅛ sdt garam
700 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
1 butir telur utuh, kocok menggunakan garpu asal rata 

Bahan Lapisan Cokelat :
1 bungkus agar agar coklat (boleh pake warna putih)
50 gr coklat bubuk larutkan dalam 150 ml air panas (saya pakai Bensdorp)
12 sdm gula pasir
¼ sdt garam
600 ml susu cair
2 sdm mentega tawar

Cara membuat :
1. Siapkan 1 buah loyang volume 2 liter. Susun sirih biskuit marie di dalam loyang dan sisihkan.

2. Potong-potong daun suji dan pandan, masukkan ke dalam blender. Tambahkan air, kemudian proses sampai halus. Saring dan peras, ukur airnya sebanyak 200 ml.

3. Masukkan ke dalam panci berturut-turut, agar-agar bubuk, gula pasir, garam, air suji pandan dan tuangi santan sambil diaduk sampai rata. Terakhir masukkan telur, aduk kembali sampai rata.

4. Nyalakan api dan rebus sampai mendidih, sambil diaduk supaya puding tidak meluap. Setelah mendidih tidak perlu diaduk supaya santan menjadi pecah dan membentuk tekstur lumut. Pada tahap ini sudah mulai kelihatan tuh lumutnya. Koreksi rasanya. Jika kurang manis tambahkan gula.

5. Tuang ke dalam cetakan berisi biskuit. Pelan-pelan tuangkan menggunakan cangkir atau sendok sayur. Biarkan sampai setengah beku.

6. Puding Coklat : rebus semua bahan kecuali mentega hingga mendidih. Masukkan mentega dan biarkan sampai mencair. Matikan api, koreksi rasanya dan biarkan uap panasnya hilang. Tuang perlahan ke atas puding lumut yang setengah beku tadi. Biarkan sampai permukaannya mengeras. Simpan di lemari es hingga semua bagian puding mengeras dan set.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

3 komentar

Sempat bingung juga liat foto puding yang di atas, Mbak. Oh, amblas toh? Tidak biasanya nih puding Mbak Rina tampilannya tidak sempurna. Tapi tetep cantik kok, mbak. Saya mupeng.

Iyes, amblas itu puding coklatnya. Emak kurang sabar kemarin bikin puding ini. Ketika dibalik dan melihat tampilannya, rada males sih mau motret. Tapi akhirnya diposting juga biar ada update resep baru. Lagian biar pembaca gak kecele kalo dah mampir ke sini 😄😄

Cara membuatnya praktis dan mudah. Karena saya juga sering membuat kue puding.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon