Coklat Brownies

Tags


Assalamu'alaykum


Sekitar tahun 2016 yang lalu saya berkenalan dengan seorang tetangga baru yang hadir di pengajian dekat rumah. Beliau seorang ibu cantik yang sudah mempunyai beberapa orang cucu. Pertama kali melihat beliau, dalam hati saya berkata "ibu ini cantik amat ya. Wajahnya rada sedikit Arab dengan hidung mancung". Setelah beberapa kali bertemu di pengajian, kami sempat jalan bersama ke Tanah Abang dengan beberapa ibu lainnya yang notabene masih tetangga juga. Ngapain ke Tanabang ? Bisa ditebak dong ngapain aja ke Tanabang. Perlu dibahas gak, ngapain saja kalo ke Tanabang, hahahah..... Gak perlu aja yah wong udah pada tau kok. Nah karena sering ketemu di pengajian itulah Bu Tari (nama beliau) bawa brownies untuk dibagi-bagi ke semua jamaah yang hadir. Ketika saya makan, laaahhh kok enak banget ya. Apalagi saya doyan yang namanya coklat (cuma sekarang gak segila dulu sama coklat. FYI, dulu saya sampai sedia susu kental manis coklat yang sachetan di rumah buat jaga-jaga kalo sewaktu-waktu sakau coklat. Jadi meski bokek masih bisa mik cucu coklat hihihi). Setelah sampai di rumah saya kirim WA kepada beliau minta resepnya. Asli saya ngebet banget pingin nyobain. Setelah dapat resepnya saya lupa tidak menyimpannya di GNotes, aplikasi untuk menyimpan semua resep hasil buruan saya. Alhasil resepnya hilang ketika saya ganti hp, huhuhu.....beneran saya menyesal banget teledor kehilangan resep. Sampai akhirnya ketika lebaran kemarin bu Tari menanyakan apakah saya sudah mencoba resep browniesnya, dengan malu saya menjawab "Belum" (sambil cengar cengir tentunya). Dan seketika saya ngaku kalo resepnya hilang karena ganti hp. Tapi dengan tanpa bersalah dan rasa malu lagi saya minta resepnya sekali lagi wkwkwk..... dooooohhhh asli, kalo teringat lagi, malu-maluin deh saya hihihi...... Tapi dalam hati saya berniat, serius akan eksekusi resep beliau sekalian minta ijin untuk posting di blog. Alhamdulillah beliau mengijinkannya.

Nah karena sudah diijinkan makanya resep sudah bisa tayang di sini. Dan segera bikin aja mumpung punya coklat bubuk sejibun di rumah. Resep ini untuk loyang besar ukuran 30x30cm. Jadi sekali bikin dapat banyak. Brownies ini tipenya spongy yah bukan yang bantet-bantet gitu. Tapi moist dan nyoklat deh.

Coklat Brownies
Sumber : Bu Tari (tetangga rumah)

Bahan:
500gr gula pasir (boleh dikurangi jika tidak suka manis)
5 telur
2 mangkok terigu (sekitar  200gr terigu)
1 sdm susu bubuk
90gr coklat bubuk (saya pakai merk Bensdorp)
1 mangkok mentega cair (saya pakai 225gr mentega)

Toping : (tambahan dari saya sendiri)
Almond slice, keju cheddar parut, chocochips dll

Cara bikin:
1. Siapkan loyang persegi ukuran 30x30 cm. Alasi kertas roti baik bagian dasar dan dindingnya. Lebihkan bagian dinding supaya mudah mengeluarkan dari loyang ketika sudah matang. Sisihkan. Panaskan oven suhu 180'C.

Note :
* Karena oven saya ukurannya terbatas saya menggunakan 1 bh loyang ukuran 22x22x4 cm dan 3 bh cupcase.

2. Kocok telur dengan gula hingga kental. Lalu masukkan coklat bubuk, susu bubuk dan terigu. Aduk asal rata. Jangan overmix supaya tidak bantat.

3. Terakhir masukkan mentega cair. Aduk kembali Panggang sampai matang. Tusuk dengan lidi.

Note :
* Memanggang brownies jangan terlalu lama ya supaya tidak kering. Lakukan tes tusuk dengan lidi. Jika masih ada remahan yang menempel artinya sudah matang. Jika sampai lidi keluar bersih, brownies akan kering hasilnya karena terlalu lama dipanggang.

* Brownies lebih enak dinikmati setelah bermalam karena akan terasa lebih moist dan semua rasa akan blend jadi satu.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Tampilan foto browniesnya bagus, bikin orang pengin mraktekin resepnya.

Ke Tanah Abang pasti belanja kan, Mbak? Heheheh.

Saya juga suka banget sama yang berbau cokelat, tapi lebih suka yang agak pahit, lebih mantap di lidah saya, heheheh.

Udah lama banget nggak makan brownies. Jadi mupeng deh.

Makasih mas himawan. Judulnya ngiler ya heheheh

Hhahahhah bisa ketebak seketika deh sama mb Sitti hahahah.....

Iya yang rada paitan bisa netralisir manisnya gula. Jadi gak begitu ngilu rasanya

Yuk bikin yuk sepanjang bukan makanan pantangan buat mb Sitti

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon