Sarden Ikan Bandeng (Presto)

Assalamu'alaykum


Waktu belanja di tukang sayur saya lagi lagi ditawari ikan bandeng. Tukang sayur bilang, "ikannya bagus bu. Dipresto lagi aja. Kan di rumah ibu pada suka sama bandeng presto. Saya kasih diskon ya bu". Yaelah ini tukang sayur tau banget lauk favorit di rumah hihi....ok deh mbak, saya beli deh tuh ikan. Niatnya ingin dibikin bandeng presto lagi. Ketika buka kulkas, lha kok banyak tomat dan cabe. Aiiihh bikin sarden aja ah pake bandeng. Dulu pernah bikin sarden ikan kembung  dan sukses besar. Alias habis disikat orang rumah dalam sekejap. Kali ini mau bikin lagi dengan bumbu yang sama. Cuma waktu rebusnya ditambahin karena ikan bandeng ini ukurannya lebih gede daripada sarden. Setelah matang gimana ? Uenak dong. Ikan bandeng gitcuuuu...eh sorry buat Mb Sitti Taslimah. Jangan eneg ya kalo kakakmu ini (idddiiihh siapa yang ngakuin sebagai kakak, hihihi...)  sering posting ikan bandeng hahaha.....asli lho ikan bandeng enake ra karu karuan (enak nya gak ketulungan). 


Bahan :
1 kg ikan bandeng (isi 2 ekor)
1-2 butir air jeruk nipis/lemon
1-2 lembar daun pisang untuk alas panci
1 butir bawang bombay ukuran kecil, iris tipis panjang
4 cm lengkuas, memarkan
4 cm jahe, memarkan
6 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
3 batang serai, memarkan
200 ml air
1/2 sdm garam
2-3 sdm gula pasir
2 sdm saus tiram

Bumbu :
5 bh cabe merah besar
10 bh cabe merah keriting
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir tomat merah ukuran besar

Cara membuat :
1. Siangi ikan bandeng, buang insang dan isi perutnya kemudian cuci bersih. Lumuri dengan air jeruk nipis, biarkan 5 menit, cuci bersih kembali. Potong masing-masing ikan jadi 4 bagian.

2. Alasi panci tekan (saya pake merk Supor 7,6 liter) dengan daun pisang. Letakkan berturut-turut di atas daun pisang, jahe, lengkuas, serai, daun jeruk dan daun salam. Tata ikan diatasnya kemudian menyusul bawang bombay, sisihkan.

3. Masukkan ke dalam blender semua bumbu dan air kemudian proses sampai halus. Beri garam, gula dan saus tiram, proses sebentar saja asal rata kemudian koreksi rasanya.

4. Tuang bumbu halus ini ke atas ikan. Pastikan ikan terendam air bumbu. Jika belum, tambahkan air sampai ikan terendam. Tutup panci tekan sampai rapat. Seting dengan tekanan H (high), selanjutnya nyalakan api besar. Setelah berdesis kecilkan api dan lanjutkan merebus selama 60 menit. 

5. Padamkan api.Setelah api padam, biarkan panci dalam keadaan tertutup dan tekanan uap menjadi habis. Setelah tekanan habis, panci boleh dibuka dan sarden bandeng pun siap dihidangkan bersama nasi.


Allah SWT berfirman:

وَهُوَ الَّذِيْ  سَخَّرَ الْبَحْرَ لِتَأْكُلُوْا مِنْهُ لَحْمًا طَرِيًّا وَّتَسْتَخْرِجُوْا  مِنْهُ حِلْيَةً تَلْبَسُوْنَهَا ۚ  وَتَرَى الْـفُلْكَ مَوَاخِرَ  فِيْهِ وَلِتَبْتَغُوْا مِنْ فَضْلِهٖ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

"Dan Dialah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daging yang segar (ikan) darinya, dan (dari lautan itu) kamu mengeluarkan perhiasan yang kamu pakai. Kamu (juga) melihat perahu berlayar padanya, dan agar kamu mencari sebagian karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur."
(QS. An-Nahl: Ayat 14)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

mmmmmmmmmmm... sedapnye...
dah kebayang rasanya... mba kalau tambahin cabe rawit utuh kayaknya makin mantap he he he

Sedep banget ini. Nyamm 😋😋

Iya lupa mau nambahin rawit itu 😁 habis dipoto baru ngeh, pasti lebih sip pakai rawit juga

Hahahaha...
Iya, mbakyu, eh ayunda. Dinda tak keberatan kok. Keringanan malah, hehehe...

Kalo doyan sama bandeng pasti enaknya ra karu-karuan, mba.

Saya suka kok sama bandeng. Tapi kalo ada yang lain, saya pilih yang lain aja, hehehe...

Hahahah....bisa ngebalas dengan jenaka juga ni mb sitti. Asli ketawa lho diriku 😂

Bendeng ini kan dibuat karena rayuan tukang sayur. Suka gak tega kalo dengar diskon wkwkwkwk.....alesan gak tega padahal girang banget kalo dengar diskon hahahah...

nihh kesukaan sayaa..bandeng presto...uhhhh...maknyuss dehhh mbaa

Panci presto yang bagus harganya berapa ya Sobat? Yah...jangan yang kemahalan gitu, sebabe saya kalau makan ikan yang ada durinya suka sedikit keselek, nyangkut di tenggorokan duri-duri ikannya.

Toss...huenak mah kalo bandeng 😋

Itu panci presto dulu beli di Lazada pas ada diskonan. Sudah 2 tahun yang lalu belinya. Sekitar 300ribuan kalo gak salah. Lumayan nih kualitasnya karena buat mresto bandeng kagak bohong hasilnya alias bisa empuk sampai durinya.

Kalo merk lain kurang tau ya karena saya cuma punya 1 biji merk Supor yang saya pakai ini.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon