Nasi Ayam Merah

Assalamu'alaykum


Setelah kemarin bikin roti sekarang masak masak lagiiii.....
Karena saya beli ayam potong maka terpikir untuk masak nasi menggunakan kaldunya. Inspirasi resep ini saya dapatkan dari Kak Ita Masam Manis yaitu Nasi Ayam Merah. Apalagi masih punya stok cabe kering dari Mb Monica di Batam (trims dear 😘😘). Proses pembuatan cukup mudah karena menu ini hanya terdiri dari 3 macam. Nasi, sup dan ayam merah. Tahap pertama yang harus dibuat adalah membuat kaldu. Kaldu ini nanti dibagi 3 untuk masak nasi, sup dan ayam. Masak resep ini sangatlah praktis karena dengan satu bahan saja yaitu ayam, kita langsung mendapatkan sayur dan lauk. Udah gitu nasi yang dimasak bersama dengan kaldu dijamin pasti enak rasanya. Supaya praktis, nasi dimasak menggunakan rice cooker saja. Resep ayam merah, saya pakai Ayam Masak Habang yang sudah cocok dengan selera orang rumah. Yuk sekarang capcus resepnya.


Notes :
* Kaldu yang didapatkan setelah merebus ayam pasti akan menyusut. Jika kaldunya kurang untuk memasak semua bahan di bawah, tambahkan air secukupnya

* Isian untuk sup sesuai selera ya. Boleh pakai makaroni, jamur, kol, buncis atau yang lain

Bahan sup :
1 ekor ayam, potong 12 bagian
1 liter air
1 sdm mentega (margarine juga boleh)
1 butir bawang bombay, cincang kasar
⅛ sdt pala bubuk
¼ sdt merica bubuk
½ sdt garam
1 sdt gula pasir
2 buah wortel, potong bulat bulat
1 butir kentang ukuran besar, potong dadu
1 batang daun bawang, iris tipis

Bahan nasi :
500 gr beras
1 sdm mentega tawar (boleh pakai margarine)
1 siung bawang putih, cincang
2 batang daun bawang, iris tipis
2 cm jahe, memarkan
2 lbr daun pandan, simpulkan
700 ml air kaldu (jumlahnya menyesuaikan beras yang dipakai)
½ sdt garam

Bahan ayam merah :
1 ekor ayam yang telah direbus
35 gr gula merah, sisir
1 batang kayu manis +- 4cm
5 butir cengkeh
2 butir kapulaga
1 butir pekak/kembang lawang/star anise
1/2 - 1 sdt garam
100 ml air kaldu
2 sdm air asam jawa
1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus ayam merah :
25 buah cabai merah kering, rebus sampai lunak kurang lebih 10 menit, tiriskan
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm jahe
1 sachet (2gr) terasi

Cara membuat :
1. Cuci bersih ayam, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas. Rebus bersama 1 liter air sampai empuk. Angkat sisihkan kaldunya.

2. Sup : rebus 700 ml air kaldu ayam untuk sup. Sementara itu panaskan mentega, tumis bawang bombay sampai berubah warna. Tuang ke dalam kaldu mendidih. Masukkan berturut turut pala, merica, garam, gula, wortel dan kentang. Masak sampai empuk dan matang. Koreksi rasanya. Boleh diberi kaldu bubuk jika suka. Terakhir masukkan daun bawang. Matikan api.

3. Nasi : panaskan margarin, tumis bawang putih, daun bawang dan jahe sampai harum. Masukkan beras, aduk rata. Menyusul kaldu ayam, daun pandan dan garam. Tuang ke dalam baskom rice cooker dan masak sampai matang.

4. Ayam merah : tumis bumbu halus sampai harum, masukkan pekak, kapulaga, kayumanis dan cengkeh, aduk rata dan masak sampai tidak langu (tahap ini sangat penting, JANGAN diabaikan jika tidak mau terganggu aroma langu ketika menyantapnya nanti).

5. Tambahkan air asam jawa dan gula merah, aduk rata kembali, tuangkan air, kaldu, masukkan ayam, tambahkan juga garam, aduk rata dan masak hingga kuah menyusut dan kental, cicipi rasanya. Matikan api.

6. Sajikan nasi bersama sup dan ayam merah.


Allah SWT berfirman:

يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ  ؕ  هَلْ مِنْ خَالِـقٍ غَيْرُ اللّٰهِ  يَرْزُقُكُمْ مِّنَ السَّمَآءِ وَالْاَرْضِ  ؕ  لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۖ   فَاَنّٰى تُؤْفَكُوْنَ

"Wahai manusia! Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepadamu dari langit dan Bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapa kamu berpaling (dari ketauhidan)?"
(QS. Fatir: Ayat 3)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Baca nama mba Monica, jadi kangen sama mba Monic. Ini orang yang sama kan, mba Rina?

Mmmmm...., nasi uduk aja udah enak, pasti nasi yang dimasak dengan kaldu ayam lebih enak lagi.

Iya mb Monica Rampo yang dari Batam. Diriku kangen juga sama mb Monica yang lagi off dari blog 😭😭

Ini nasi enak bener lho. Gurih khas kaldu ayam. Gak kalah sama nasi uduk sedepnya 😋😋😋

sudah jam makan siang... liat yang begini lapar melanda... uhuy enake..
coba ada di sini tuh makanan, langsung deh ambil piring ha ha ha...

Hahahah....ayo bikin. Kan jago masak juga. Itu cabai kering jadi kesayangan juga. Enak cabai kering tuh. Gak terlalu pedas tapi warna bisa gelap pada masakan. Rasanya juga beda. Orang rumah enjoy aja kalo diriku masak pakai cabai kering. Pada ngggak ngeh hihihi.....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon