Ayam Goreng Bawang Putih

Assalamu'alaykum


Apa yang Anda buat di dapur untuk mengawali Tahun Baru ?
Saya bikin ayam goreng bawang putih nih. Mau nyobain menu baru yang belum terbayangkan di kepala bagaimana rasa ayam goreng ini. Seperti biasa nyontek resepnya mb Endang JTT. Resep yang mudah dan murah meriah ini dijamin bakal ngabisin nasi di meja makan. Saya membuatnya berdasarkan rasa penasaran. Masak iya resep "sesepele" ini bisa bikin merem melek ? Ternyata bener. Meski hanya berbumbu sederhana dan proses pembuatan yang gampang, tidak disangka cepet ludes di meja makan. Penasaran kayak saya ? Kalo penasaran yuk segera capcus ke dapur 😄😄😄

Note :
* Cara menggoreng bawang putih supaya tidak lengket dan cepet hangus adalah memasukkannya ke dalam minyak goreng yang masih dingin. Lengket dikarenakan bawang putih mengandung getah. Untuk mensiasati getah ini, masukkan bawang putih ke dalam minyak dingin supaya getah bisa dinetralisir oleh minyak yang masih dingin.


Bahan:
- 1 ekor ayam potong, potong jadi 18-20 bagian
- 3 bongkah bawang putih, pukul-pukul dengan kayu penggilas hingga memar tetapi tidak sampai hancur. Jangan dibuang kulitnya
- minyak yang banyak untuk menggoreng

Bumbu haluskan:
- 8 siung bawang putih
- 3 siung bawang merah
- 2 sendok teh ketumbar sangrai
- 2 ruas kunyit
- 1 sendok teh jahe parut

Bumbu lainnya:
- 1 sendok teh maizena
- 1 sendok makan saus tiram
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok teh baking powder

Cara membuat:
1. Siapkan ayam, bubuhi dengan perasan air jeruk nipis dari 1/2 buah jeruk + 2 sendok teh garam, remas-remas. Biarkan selama 15 menit, cuci bersih dan tiriskan.

2. Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu halus, tepung maizena, garam, baking powder dan saus tiram, aduk hingga rata. Masukkan ayam, aduk rata dengan spatula. Diamkan selama 20 menit hingga bumbu meresap.

3. Siapkan bawang putih yang telah dipukul-pukul hingga sebagian bawang terlepas dari kulitnya dan memar, tetapi jangan sampai hancur ya. Beri 1/2 sendok teh garam, taburi hingga rata.

4. Siapkan wajan (anti lengket lebih baik), tuangkan minyak yang banyak.  Masukkan bawang putih beserta kulitnya selagi minyak dingin dan goreng bawang putih hingga matang dan crispy, angkat dan tiriskan. Gunakan api agak kecil supaya tidak mudah hangus. Kita akan menggunakan minyak bekas menggoreng bawang untuk menggoreng ayam.

5. Goreng ayam hingga seluruh permukaannya terendam minyak dan ayam berwarna coklat keemasan, balikkan ayam dan goreng sebelahnya lagi hingga matang. Jika minyak kurang banyak, goreng ayam dalam 2 atau 3 tahap. Angkat ayam dan tiriskan.

6. Siapkan piring, letakkan ayam di atasnya dan taburi dengan bawang putih. Santap selagi ayam masih panas karena ketika telah mendingin ayam menjadi kurang crispy.  Super yummy!



Allah SWT berfirman:

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ   ۗ  وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ   ۗ  اِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖ   ۗ  قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

"dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu."
(QS. At-Talaq: Ayat 3)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon