Ayam Kecap Pedas Masak Buncis

Assalamu'alaykum


Setelah beberapa hari posting kue dan puding, sekarang masak masak dulu ya. Sebenarnya saya nggak berniat masak ayam.
Jadi ini darurat ceritanya. Entah kenapa, tadi pagi ketika bangun tidur, saya merasa perut sebelah bawah terasa berat. Seperti mau mbrojol jika dipakai berdiri. Kata orang turun peranakan. Asli deh gak enak banget rasanya. Karena gak enak itulah, saya bilang pada bapaknya anak anak untuk libur masak. Alhamdulillah, beliau malah menawarkan diri untuk belanja dan mau bantuin masak. Akhirnya dibelilah seekor ayam dan dimasak kecap. Meski saya gak masak, tapi tetep dong saya yang koreksi rasanya dan nambahin ini itu biar sreg hasil akhirnya. Setelah matang duh enak deh. Dan si emak berasa gatal untuk ambil potonya. Tetep ye..... Meski lagi turun berok, si emak pingin eksis juga hahahah 😁😁😁😁

Bahan :
1 ekor ayam, potong 12 bagian
10 butir cabe rawit merah, iris bulat bulat
75 ml kecap manis
1 sdm saus tiram
1-2 sdm gula pasir
1 sdt garam
300 ml air
150 gr buncis, siangi, potong 2 cm

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar sangrai
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri

Cara membuat :
1. Cuci bersih ayam, sisihkan.

2. Tumis bumbu tumbuk dan cabe iris sampai bumbunya matang dan garing. Masukkan ayam, kecap manis, saus tiram, gula, garam dan air. Masak sampai air menyusut. Jika air habis tapi ayam belum matang, tambahkan air panas. Masak sampai air menyusut banyak dan mengental. Koreksi rasanya.

3. Masukkan buncis, masak sebentar kemudian matikan api. Ayam kecap pedas siap disajikan.


Allah SWT berfirman:

وَاِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِيْنِ

"dan apabila aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku,"
(QS. Asy-Syu'ara': Ayat 80)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Wah...paksu pinter masak jg nih ya mba?

Gak juga. Ini karena kepepet. Beliau mau terjun dapur, asal bikin masakan yang dia doyan doang hihihi

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon