Halaman

Senin, 19 Oktober 2015

Mi Goreng Pedas Tahu Dan Ikan Cuwe

Assalamualaykum


Hampir saja resep ini terlupakan gegara fotonya yang masih berada di dalam kamera belum diedit. Resep ini saya buat hari Jumat yang lalu.
Sebenarnya hari itu saya mati gaya pas mau masak. Ketika melihat di meja makan masih ada ikan cuwe goreng sebanyak 4 ekor, segera kepikir untuk dimasak mi goreng. Coba-coba aja sih karena belum pernah bikin mi goreng pake cuwe. Mumpung masih punya tahu sumedang dan cabe banyak, dibikin mi pedas aja. Pasti pada doyan. Perkiraan saya benar. Mi pedas begini ternyata dengan lahapnya dimakan anak-anak. Apalagi ditambah tahu dan ikan cuwe yang menambah gurih mi gorengnya. Hmm nyam-nyam banget deh pokoknya...




Bahan :
200 gr mie telur kering
1/2 butir bawang bombay ukuran besar, iris tipis panjang
1 batang daun bawang, iris tipis
10 bh cabe merah keriting, iris tipis
3 bh cabe merah besar, iris tipis
1 sdt kecap ikan
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis
175 ml air
4 ekor ikan cuwe/pindang goreng, suwir kasar
10 bh tahu sumedang, potong sesuai selera
5 batang sawi, iris 2 cm
3 lembar kol, iris kasar
1 bh tomat merah, potong kasar
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1/8 sdt merica bubuk
bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus :
1 sdt ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Rebus mie telur sampai matang, tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang bombay sampai bening warnanya. Masukkan bumbu halus, lanjutkan menumis sampai wangi dan agak kering. Masukkan daun bawang, semua cabe, kecap ikan, saus tiram, kecap manis dan 125 ml air. Masukkan ikan cuwe dan tahu. Aduk-aduk sampai mendidih dan mengental.
  3. Tuangkan sisa air, sawi, kol dan tomat. Bumbui garam, gula dan merica. Setelah mendidih koreksi rasanya.
  4. Terakhir masukkan mie yang telah direbus, aduk sampai rata dan air agak mengering. Jika air terlanjur kering boleh ditambah sedikit lagi. Matikan api. Angkat mie dan selagi panas sajikan bersama bawang goreng.
 

6 komentar:

  1. mi campur2 ya,hahaha..aku banget nih mbak,kalo ada lauk sisa,pingin masak praktis pasti dibuat mi goreng,kl nggak dibuat omelet,campur jadi satu gitu hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh hahahaa...lha kalo jumlahnya tanggung gitu mesti nggak ada yang mau makan. Daripada dibuang ya udah, gabrukin semuanya aja ke dalam wajan hahahaa....
      Sing penting enak tur wareg hihi....

      Hapus
  2. hihihihihi iyessss mba, ibu2 banget yaaa kalau gini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb vero. Ini emang gayanya emak-emak banget hihi....

      Hapus
  3. mba rina mah bener dah, kreatif pisan...
    aku mah ga kepikiran nyampur ikan cuwe di mie goreng, he he he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kan kefefet biar gak mubazir hihi

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.