Halaman

Jumat, 14 Agustus 2015

Bihun Goreng Pedas

Assalamualaykum


Bihun ini jadi menu makan di rumah saya 2 hari lalu. Bosen deh kalo makan nasi mulu. Perasaaan kok berasa berat di perut kalo tiap hari makan nasi.
Akhirnya saya lihat-lihat stok di dapur dan ada bihun sebungkus. Syukur deh masih punya bahan ini yang bisa diolah jadi bihun goreng. Kali ini bihunnya dipedesin dikit biar napsu makan hehe...Cuma diberi cabe merah keriting dan cabe rawit yang diiris biar nggak terlalu nohok pedesnya. Lumayan deh buat variasi makan siang saya hari itu. Ditambah lalap seperti timun, wis to cocok banget...

Bahan :
1 bks (190 gr) bihun jagung kering
4 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
5 butir bawang merah, iris tipis
2 sdt kecap ikan/asin
1 batang daun bawang, iris halus
5 bg cabe merah keriting, potong serong
bh cabe rawit merah, potong serong
1 bh wortel, potong bentuk korek api
1 bh tomat merah, potong kasar
5 batang sawi hijau, potong-potong
5 lbr kol/kubis, potong kasar
5 butir bakso, potong sesuai selera
2 butir telur, dibuat orak arik
75 ml air

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
4 butir kemiri
1 sdt ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk

pelengkap :
bawang goreng
mentimun

Cara membuat :
1. Rebus bihun sampai matang, angkat dan tiriskan. Siram dengan air dingin beberapa kali sampai menjadi dingin. Tuangi bihun dengan kecap manis dan saus tiram. Beri garam dan gula pasir, aduk rata dan cek rasanya. Jika suka bisa ditambahkan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Sisihkan.
2. Tumis bawang merah, semua cabe dan bumbu halus sampai wangi. Masukkan kecap ikan, daun bawang dan wortel, aduk rata. Biarkan wortel matang.
3 Masukkan tomat, sawi hijau, kol, bakso, telur orak arik dan air. Menyusul bihun berbumbu. Aduk rata sampai ke dasar wajan. Cek rasanya. Jika telah matang dan airnya mengering, angkat bihun dan sajikan hangat beserta pelengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.