Laman

Kamis, 09 Juli 2015

Semprit Keju

Assalamualaykum


Ketika buka-buka buklet femina tahun 2009, mata saya tertumbuk pada resep Kue Batang Keju.
Kue ini jenis kukis ya. Di gambarnya kukis ini dicetak bentuk batang dengan coretan coklat di atasnya. Awalnya sih saya mau bikin yang dicetak panjang seperti kaastengels gitu tapi kok nggak nemu cetakannya. Akhirnya ambil spuit kerang aja dan dicetak seperti kue semprit. Spuit yang saya pake bentuk cetakan jadul. Spuitnya ada pinggirannya dan tidak perlu dimasukkan piping bag. Adonan kukis langsung dimasukkan ke dalam lubang spuit dan ditekan dengan jempol. Cara ini lebih praktis buat saya daripada harus pake plastik segitiga. Setelah matang enak, gurih meski hanya pake keju cheddar saja. Jika mau lebih enak pake keju edam deh, pasti nonjok rasanya. 

Bahan :
200 gr margarin
60 gr gula halus
1 kuning telur ayam
225 gr tepung terigu serbaguna (saya pakai segitiga biru)
150 gr keju cheddar, parut halus 

choco chips secukupnya

Cara Membuat :

  1. Siapkan loyang kue kering beralas kertas roti dan dioles margarin. Panaskan oven suhu 140-150 derajat C.  
  2. Kocok margarin dan gula halus hingga lembut dan rata (30 detik saja).  Masukkan kuning telur, kocok kembali hingga rata. Masukkan keju, kocok asal rata. Matikan mixer.   
  3. Masukkan terigu secara bertahap, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga rata. Adonan akhir agak kalis (tidak terlalu lengket)
  4. Gunakan spuit bentuk bintang/kerang, ambil adonan secukupnya dan masukkan ke dalam lubang spuit. Semprot/tekan menggunaan jempol tangan sehingga terbentuk kelopak bunga bertumpuk-tumpuk. Lakukan sampai loyang terisi penuh dan beri jarak diantaranya supaya tidak menempel satu sama lain. Beri choco chips di tengahnya.
  5. Panggang dalam oven selama 25-30 menit sampai bagian dasarnya agak kecoklatan. Keluarkan dari oven dan biarkan hingga agak keras di atas loyang. Setelah keras pindah ke atas rak dan dinginkan. Masukkan dalam toples.
Note : adonan ini bentuknya kalis, tidak terlalu lengket di tangan sehingga pas jika ditipiskan kemudian dicetak atau dipotong. Jika tidak punya spuit jadul, saya tidak menyarankan untuk dispuit karena terlalu berat jika disemprot menggunakan piping bag/plastik segitiga karena akan robek/jebol plastiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.